31 C
Semarang
, 22 October 2024
spot_img

TIM Hibah MBKM UNS Gelar Pentas Seni di Desa Klakah Boyolali

Boyolali, JatengNews.id – Tim Hibah MBKM Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar kegiatan pentas seni di Desa Klakah Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali Jateng.

Tim Hibas MBKM UNS gelar pentas seni  dalam rangan perpisahan MBKM dan pengenalan budaya Desa Klakah kepada seluruh masyarakat baik lokal maupun dari luar

Acara pentas seni yang gagas oleh tim Hibas MBKM UNS diselenggarakan pada Minggu, 9 Juni 2024 di Halaman Balai Desa Klakah.

Baca juga: Tim Hibah MBKM UNS Gelar Program Kerja Pengoptimalan Desa Wisata di Klaten

Kegiatan MBKM ini telah dilaksanakan selama 40 hari yang dimulai dari Bulan April – Juni 2024, dan sebagai tanda terimakasih serta kegiatan penutup kami menyelenggarakan acara puncak yaitu “Pentas Seni Tari Desa Klakah” sekaligus mengenalkan ragam budaya Desa Klakah.

Desa Klakah merupakan desa yang berada di kaki gunung lereng Merapi dan diapit Gunung Merbabu. Desa Klakah juga berbatasan dengan Kabupaten Magelang yang menyebabkan budaya nya hampir sama dengan Desa Klakah. Desa Klakah memiliki ragam budaya terutama seni tari yang masih dilestarikan oleh generasi-generasi muda. Acara ini dibuka oleh Kepala Desa Klakah, Bapak Marwoto.

“Dikarenakan mahasiswa MBKM UNS telah menyelesaikan kegiatan dan tugasnya di desa selama 40 hari maka dengan ini mahasiswa menyelenggarakan acara pentas seni ini. Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada mahasiswa MBKM serta panitia yang sudah menyiapkan acara dengan baik. Saya harap dengan adanya acara pentas seni ini dapat mengenalkan budaya Desa Klakah dan terus dapat dilestarikan oleh generasi selanjutnya,” ungkap Marwoto.

 Pada acara pentas seni ini, banyak generasi-generasi muda yang turut serta membantu dalam menampilkan seni tari dari masing-masing sanggar.

Adapun tari-tarian yang ditampilkan yaitu Tari Monolan dan Tari Topeng Ireng dari Dusun Klakah Ngisor yang dibawakan oleh Sanggar Sekar Merapi, Tari Soreng dari Dusun Klakah Tengah yang dibawakan oleh Sanggar Tari Lambaningrat, serta Tari Topeng Ireng dan Tari Rampak Buto Gedruk dari Dusun Klakah Duwur yang dibawakan oleh Sanggar Yaksogirang Ukir Merapi.

Semua menampilkan seni tariannya dengan alat musik dan iringan gamelan secara langsung. Setiap penampilan memiliki ciri khas kostum yang berbeda dan bervariasi.

Fachreza selaku Ketua Tim Hibah MBKM menyampaikan, terima kasih kepada masyarakat Desa Klakah seluruhnya atas kesediaan dari tempat dan waktu berkesempatan melakukan kegiatan dan program kerja selama 40 hari.

Baca juga: Pantai Glagah Wangi Demak, Menikmati Sunset Hingga Serunya Spot Foto dan Naik Perahu

“Pentas seni ini menjadi tanda terimakasih untuk masyarakat Desa Klakah serta wadah untuk mengenalkan budaya,” katanya.

Adapun Tim Hibah MBKM UNS yang terdiri dari 10 mahasiswa yang diketuai oleh Fachreza Arya Wanindra dengan beranggotakan Nurul faiz Zakiyyah, Nisa Malinda, Carry Veronica, Aulia hoerunnisa, Dwi Nur Hidayati, Dwi Puspitasari, Adera Rizkyka, Marsha Puspa, dan Ahmad Bima Satria dengan Dosen Pembimbing dalam tim ini yaitu Prof. Dr. Chatarina Muryani, M.Si. dan Rahning Utomowati, S.Si., M.Sc. (01)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN