27 C
Semarang
, 20 September 2024
spot_img

Intip Industri Conblock dan Genteng Beton di Yogyakarta, Sedikit Lama-Lama Jadi Bangkit

Unicon Indonesia merupakan Perusahaan manufaktur yang memproduksi conblcok, yaitu paving block, Kanstin, batako, dan genteng beton. Perusahaan ini didirikan oleh Rohmat Purwanto pada 1 Febuari 2020.

JatengNews.id- Unicon Indonesia merupakan Perusahaan manufaktur yang memproduksi conblcok, yaitu paving block, Kanstin, batako, dan genteng beton. Perusahaan ini didirikan oleh Rohmat Purwanto pada 1 Febuari 2020.

Ia mendirikan Perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur ini karea relevan dengan jurusan yang ia ambil, yaitu Teknik Sipil.

Pria berusia 54 tahun itu merupakan lulusan dari Universitas Gajah Mada. Selain itu, ia memilih membuat pabrik ini karena menurutnya pangsa pasarnya maih luas, kebutuhan mengenai bahan ini masih banyak, dan juga membantu membuka lapangan pekerjaan untuk orang sekitar.

Unicon Indonesia berlokasi di Jl. Jogja Ring Road Selatan No 89. Menayu Lor. Tirtonirmolo. Kec Kasihan. Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.  Pabrik ini berawal hanya memiliki 15 orang karyawan dan 2 mesin paving, belum ada genteng beton, serta hanya memiliki luas lahan 2500.

Baca juga: Pemprov Jateng Upayakan Transportasi Massal Terintegrasi di 35 Kabupaten/Kota

Seiring dengan kegigihan dan perkembangannya, Unicon Indonesia saat ini sudah memiliki 75 orang karyawan serta saat ini memiliki luas lahan 1 hektar dan memiliki mesin paving yang berjumlah 6.

Pada tahun ketiga, sekitar tahun 2023 menambah mesin genteng yang berjumlah 2 hingga dapat memproduksi genteng beton.

Conblcok merupakan bahan bangunan yang terbuat dari campuran semen, pasir, air, dan bahan tambahan lainnya yang dicetak dalam bentuk balok atau bata. Conblock sering digunakan sebagai material konstruksi untuk paving jalan, trotoar, halaman, dan area parkir karena sifatnya yang kuat, tahan lama, dan mudah dipasang.

 Dalam satu minggu biasanya membutuhkan bahan baku pasir sekitar 200 , semen, sekitar 55 ton, dan chiping sekitar.

“Untuk bahan bakunya berawal dari ada sales Perusahaan bahan-bahan baku yang nawarin kesini, jadi kalo bahan-bahan tinggal sedikit ntar tinggal hubungi aja dan langsung dikirim kesini,” ujar Rohmat(54) dalam wawancara yang dilakukan pada Selasa (27/08/2024).

Industri comblock ini diproduksi degan menggunakan mesin press hingga dapat memproduksi conblock yang padat. Conblock dari Unicon Indonesia memiliki berbagai macam bentuk dan variasi, dengan total saat ini terdapat 20 jenis conblock dengan ukuran yang berbeda dan kualitas mutu yang beragam pula.

Gambar Proyek menggunakan produk Unicon Indonsia

Dimulai dari paving holand, kotak persegi, segi enam, tiga dimensi, cacing atau zig-zag, topi uskup, trapesium,kawung, grass block, segi 8 kombinasi, guiding block strip, guiding block dot, kanstin type 1, kanstin type 2, kanstin type L, kanstin type S, kanstin Lock, Kanstin Car Stopper, Batako press standar, dan batako press tiga lubang. Jenis conblock ini memiliki fungsinya tersendiri.

Selain itu, untuk produk genteng beton juga sudah memiliki 6 variasi genteng beton yaitu genteng flat line, wuwung flat, garuda halus, wuwung cabang 3, wuwung samping, dan genteng vertikal.  Saat ini Unicon Indonesia dalam satu hari dapat memproduksi paving hingga 800 dan genteng sebanyak 3000 biji.

Unicon Indonesia hingga saat ini sudah memiliki lebih dari 300 customer dan 95% di antaranya melakukan repeat order. Produk conblock dan genteng beton dari Unicon Indonesia juga sudah digunakan untuk proyek-proyek besar dan dipercaya oleh banyak kontraktor.

Unicon Indonesia menerima konsultasi mengenai produk, tipe, dan saran untuk peggunaan dan pemasangan Conblock dan genteng beton. Produk kami sudah bersertifikat Kementrian Perindustrian Republik Indonesia hingga memiliki kualitas mutu yang aman, kuat, dan tahan lama.

Variasi bentuk serta warna dari Unicon Indonesia ketika dipasang juga memiliki nilai estetika. Unicon Indonesia memproduksi produk dengan kapasitas besar dan siap dikirim ke dalam maupun luar kota, Untuk saat ini pangsa pasar dari Unicon Indonesia adalah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Kantor dan Pabrik Unicon Indonesia beroperasional dari jam 08.00 WIB sampai 16.30 WIB. Untuk pemesanan dan konsultasi di luar jam operasional dapat dilakukan melalui media online seperti whatsapp (08122715717) Instagram di @unicon_id dan facebook di Unicon Indonesia.

Untuk lebih tau secara lanjut Unicon Indonesia menyediakan pusat informasi terkait produk conblock dan genteng melalui halaman website di www.uniconindonesia.com.  

Unicon Indonesia memiliki penawaran menarik mengenai harga dari produk conblock dan genteng beton. Menurut Rohmat Purwanto (Pemilik Unicon Indonesia) kepuasan pelanggan merupakan hal yang paling utama, Unicon Indonesia menawarkan produk dengan kualitas tinggi dan harga yang terjangkau.

Selain itu, ia mengatakan juga berusaha untuk menjamin pengiriman cepat dan tepat waktu, sehingga konsumen tidak complain dan tidak lama menunggu.

Baca juga: PSIS Semarang Kalah dari Dewa United, Dua Gol Kelengahan Pemain

Demikian informasi mengenai Industri Conblock dan Genteng Beton di Yogyakarta. Semoga bermanfaat. (07)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN