30 C
Semarang
, 20 September 2024
spot_img

Bantu Atasi Masalah Sampah, Mahasiswa Tim II KKN UNDIP Gencarkan Gerakan Zero Foodwaste

Mahasiswa KKN Tim II UNDIP gencarkan gerakan zero foodwasteserta pemahaman terkait sampah organik dapur

Pekalongan, JatengNews.id- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro (UNDIP) gencarkan gerakan zero foodwasteserta pemahaman terkait sampah organik dapur

Kegiatan ini berlangsung di Aula Kelurahan Kedungwuni Timur, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, saat kegiatan PKK rutin pada Kamis, (22/072024).

Melalui pengenalan gerakan zero food waste serta peningkatan kapasitas warga terkait penanganan dan pemanfaatan sampah organik dapur.

Sampah yang perlu dikelola tidak hanya sampah anorganik saja. Sampah organik juga perlu diperhatikan oleh masyarakat. Hampir setiap harinya, setiap rumah selalu menghasilkan sampah organik.

Baca juga: Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Buat Terobosan Baru, Manfaatkan Sampah Organik Jadi Pupuk Organik Cair

Salah satu pengelola TPS 3R Bumi Elok Kedungwuni Timur, Ghufron menjelaskan, aampah ini berasal dari sisa konsumsi masyarakat berupa sayur, buah, daging maupun ikan. Sampah organik yang dibiarkan dapat menjadi sumber panyakit. Masih banyak warga yang belum mengelola sampah organiknya.

“Masih banyak warga yang membiarkan sampah organiknya. Tidak jarang juga sampah organik dapur dari warga tercampur dengan sampah anorganik sehingga tidak dapat dikelola lebih lanjut di TPS inim,” tutur Ghufron.

Sudah seharusnya sampah organik dikelola secara terpisah dengan sampah anorganik. Hal ini karena pemanfaatan serta penangannya berbeda.

Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Bintang juga menjelaskan, untuk mendegradasi sampah organik dapur dapat memanfaatkan larva lalat BSF atau lebih dikenal dengan maggot. Selain itu sampah organik dapur juga dapat dimanfaatkan untuk membuat pupuk organik.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan gerakan zero food waste sehingga sampah organik dapur yang dihasilkan dapat berkurang. Selain itu, harapannya warga dapat mengolah sampah organik dapurnya sendiri seminimalnya dengan memisahkan sampah organik dapur dengan sampah anorganik ketika membuang sampah,” jelas Bintang.

Baca juga: Kolaborasi KKN Tim II UNDIP dan Bappeda Kabupaten Magelang Dalam Program Penanganan Anak Tidak Sekolah

Demikian informasi mengenai mahasiswa KKN Tim II UNDIP gencarkan gerakan zero foodwasteserta pemahaman terkait sampah organik dapur. Semoga bermanfaat. (07)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN