33 C
Semarang
, 20 September 2024
spot_img

Mahasiswa Tim II KKN UNDIP Buat Inovasi Sampah Jadi Pupuk untuk Pertanian Berkelanjutan di Desa Kacangan

Mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2023/2024 gelar kegiatan “Pengolahan Limbah Organik Desa Kacangan Menjadi Pupuk Organik Cair yang Bermanfaat Bagi Pertanian”.

Sragen, JatengNews.id- Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2023/2024 gelar kegiatan “Pengolahan Limbah Organik Desa Kacangan Menjadi Pupuk Organik Cair yang Bermanfaat Bagi Pertanian”.

Kegiatan tersebut berlangsung di Desa Kacangan, kecamatan Sumberlawang kabupaten Sragen, Senin (21/07/2024).

Kegiatan ini merupakan salah satu Program Kerja dari Fadhila Dian Azhara, mahasiswa KKN dari program studi Kimia, Fakultas Sains dan Matematika UNDIP berdasarkan observasi yang telah dilakukan terhadap permasalahan Desa Kacangan.

Kegiatan ini melibatkan peran aktif dari pihak terkait yaitu Kelompok Tani Desa Kacangan.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk membangkitkan inisiatif dari Kelompok Tani Desa Kacangan untuk dapat memanfaatkan limbah organik yang mereka miliki serta melakukan pengolahan lebih lanjut menjadi pupuk yang penting dalam mendukung pertanian berkelanjutan di Desa Kacangan.

Baca juga: Mahasiswa KKN UIN Walisongo di Pedalangan Gunakan Storytelling untuk Edukasi Bullying dan Moderasi Beragama

Kegiatan ini diikuti oleh ketua Kelompok Tani Desa Kacangan dan beberapa anggota Kelompok Tani Desa Kacangan dan bertempat di rumah salah satu anggota kelompok tani.

Kegiatan ini tidak hanya berisi penyampaian materi, tetapi juga disertai dengan demonstrasi pembuatan pupuk organik cair dari limbah organik.

Pada pelaksanaannya, para anggota kelompok tani terlihat antusias dalam memperhatikan demonstrasi pembuatan pupuk organik cair dari limbah organik serta aktif bertanya saat penyampaian materi maupun demonstrasi.

Kegiatan dimulai dengan penyampaian materi tentang definisi limbah organik di masyarakat dan pengolahan limbah organik menjadi pupuk organik cair dengan cara fermentasi yaitu ketika mikroorganisme seperti bakteri mengubah bahan organik (gula dan pati) menjadi produk yang lebih sederhana, seperti asam, gas, atau alkohol, melalui reaksi enzimatik serta berlangsung dalam kondisi tanpa oksigen.

Setelah penyampaian materi, dilanjutkan dengan demonstrasi alat dan bahan yang digunakan pada pembuatan pupuk organik cair dari limbah organik dan dilanjutkan dengan demonstrasi cara pembuatan pupuk organik cair dari limbah organik menggunakan bahan tambahan EM4, air cucian beras, dan molase.

Pada akhir kegiatan terdapat penyerahan pupuk organik cair yang telah dibuat sebelumnya kepada salah satu anggota kelompok tani.

Harapannya dengan adanya kegiatan ini dapat menarik antusiasme dan inisiatif tidak hanya pada anggota kelompok tani Desa Kacangan tetapi juga seluruh warga Desa Kacangan untuk dapat melanjutkan kegiatan yang telah dilakukan oleh mahasiswa KKN tim 2 UNDIP.

Baca juga: Milad ke-38 Masjid Al-Ikhsan Palebon, KKN UIN Walisongo Berpartisipasi dalam Pengajian Akbar Ustadz Wijayanto

Demikian informasi mengenai mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2023/2024 gelar kegiatan “Pengolahan Limbah Organik Desa Kacangan Menjadi Pupuk Organik Cair yang Bermanfaat Bagi Pertanian”. Semoga bermanfaat. (07)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN