33 C
Semarang
, 20 September 2024
spot_img

Program Food Estate di Temanggung Tuai Apresiasi

Temanggung, Jatengnews.id – Deputi III Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Bidang Perekonomian Edy Priyono meninjau program lumbung pangan atau food estate di Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah belum lama ini.

Dalam peninjauan itu, Deputi mengapresiasi keberhasilan program food estate sebagai upaya menjaga ketahanan pangan nasional.

Baca juga : Harga Kopi Tinggi Petani Temanggung Diminta Tetap Jaga Kualitas

“Memang untuk kedepan, pemerintah akan memberikan perhatian khusus kepada tanaman pangan, jadi food estate ini saya kira akan jalan terus, tapi intensitasnya nanti tergantung pada pemerintah yang baru. Jadi untuk itu terus ada dukungan dari pemerintah pusat,” katanya dikutip dari laman resmi Pemkab Temanggung Sabtu (03/08/2024).

Ia mengatakan, selain untuk menjamin pasokan dan pemenuhan kebutuhan pangan nasional, program food estate ternyata memberikan manfaat besar bagi petani, karena ada jaminan harga dari perusahan yang telah terikat kontrak. 

“Bahkan sebelum panen, perusahaan-perusahaan itu telah melakukan kontrak pembelian dengan harga yang sudah disepakati dengan petani. Jadi ini sangat menguntungkan, karena sudah ada kepastian harga jika panen nanti,” imbuhnya.

Ketua Kelompok Tani Agra Pranajaya Desa Balesari, Kecamatan Bansari, Siswanto (42) mengatakan, untuk luas lahan pengembangan food estate di Kecamatan Bansari seluas 300 hektare.

Luas lahan tersebut digunakan untuk budi daya bawang merah dan putih, serta tanaman cabai.

“Jadi manfaatnya luar biasa, saya sampaikan, karena di situ kita, para petani disambungkan dengan beberapa perusahaan yang bisa membeli hasil dari produk pertanian kami, dan harganya pun sangat menguntungkan petani,” tegasnya.

Di sisi lain, menurutnya melalui program food estate ini hasil panen petani juga meningkat, karena ada pendampingan langsung dari dinas terkait.

Baca juga : TMMD Jadi Cerminan Semangat Kebersamaan dan Gotong Royong di Temanggung

“Rata-rata hasil panen itu untuk bawang merah, maupun putih di lahan satu hektare bisa mencapai 12 hingga 13 ton, sementara untuk cabai hasil panen bisa mencapai 25 ton per hektare,” pungkasnya. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN