33 C
Semarang
, 20 September 2024
spot_img

Gambar Kartun Yoyok Sukawi Hibur Masyarakat di Simpang Lima Semarang

Semarang, Jatengnews.id – SICE ( Semarang International Cartoon Exhibitions ) mengadakan pameran kartun di lapangan Simpang Lima Semarang Minggu (28/7/2024) lalu.

Kali ini bertajuk Guyon Maton Yoyok Sukawi. Pameran menampilkan puluhan gambar lucu karya Slamet Widodo. Obyek yang divisualisasikan adalah kiprah Alamsyah Satyanegara Sukawijaya selaku CEO PSIS Semarang dan Anggota DPR RI dua priode.

Baca juga: Enam Partai Deklarasi Mendukung Yoyok Sukawi di Pilwalkot Semarang

Sebagai contoh yang ditampilkan adalah tergambar sang tokoh transfer pelajar PIP ( Program Indonesia Pintar ) sekalian tranfer pemain PSIS, melakukan  kegiatan Jumat Berkah dengan membagi bola dengan harapan main di Olimpiade atau Piala Dunia, dapat rekomendasi maju Pilwalkot teriak gol, sampai di Real Madrid mengangkat piala liga Champions di realita mengangkat wakul ( tempat nasi yang mirip piala ) lengkap lauknya untuk diserahkan ke rakyat.

“Kalau tema pada sosok politikus, ini bukan berarti ajang politik. Kebetulan saja tahun 2024 adalah tahun politik dan sepak bola tengah menjadi euforia rakyat Indonesia. Jadi tidak salah jika Yoyok Sukawi yang kali ini ditampilkan. Acuan lain penyelenggara karena taglinenya adalah Pameran Tokoh Semarang dalam Karikatur. Dari sini diharapkan bisa didapat inspirasi menuju sukses. Ke depan kami akan mengkarikaturkan ibu Sri Mulyani Menteri Keuangan asal kota lunpia,” demikian penjelasan Aditiya WP selaku ketua panitia.

Definisi guyon maton adalah canda yang ada batasnya terutama dari segi etika namun wajib ada kritik membangun. Kisaran abad 18 wahana ini sering dipakai seniman Jawa Tengah mengawal jalannya pemerintahan. Jurus inilah yang diterapkan Slamet Widodo. Gambar yang dipamerkan kartunis Semarang berpenghargaan internasional ini kritis dan sukses mencubit namun tak sakit.

Terbukti yang jadi sasaran kritik yaitu Yoyok Sukawi tidak marah tapi malah tertawa terpingkal melihat karikaturnya. Saat dikonfirmasi bahwa Semarang adalah IKN ( Ibukota Kartun Nasional ), anggota DPR RI 2024 – 2029 terpilih ini mendukung keberlanjutannya. Ke depan, Yoyok Sukawi akan lebih konsentrasi menyejahterakan warga Semarang.

Di lain pihak, masyarakat merasa senang. Pesan yang disampaikan lewat gambar lebih mudah dipahami oleh mereka dari anak, remaja, sampai orang tua.

Sekitar 800 orang yang lewat di booth pameran, rata – rata melihat gambar. Senyum kecil sampai bahak tawa terlihat di wajah mereka. Survei lain dari panitia,, kartun favorit pengunjung adalah yang bertema Antara Pilkada atau Pil KB.

Baca juga: SSB Kota Semarang Ikuti Yoyok Sukawi Cup

Terjadi pula hal unik. Pameran diadakan out door di trotoar jalur jalan kaki dan bawahnya tentu saja jalan sepeda, motor, dan mobil. Seorang tampak menaikkan sepedanya ke trotoar dan menuntunnya untuk melihat kartun yang dipamerkan. Beliau berjalan mengapresiasi gambar satu demi satu.

Melihat kesuksesan memberi hiburan sekaligus edukasi ke masyarakat, SICE tambah semangat mengadakan event selanjutnya.

“Kami pernah tercatat sebagai penyelenggara pameran kartun terbesar di dunia. Pesertanya 340 kartunis dari 64 negara, ke depan kami akan memecahkan rekor kami sendiri. Mohon doa dan dukungannya, “ pungkas Aditiya WP.(02)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN