Beranda Ekonomi XL Axiata Kenaikan Trafik Tertinggi 44 Persen di Jawa Tengah

XL Axiata Kenaikan Trafik Tertinggi 44 Persen di Jawa Tengah

BTS XL Axiata. (Foto : Dok XL)

Semarang, Jatengnews.id – PT XL Axiata mencatat peningkatan trafik penggunaan data di sepanjang masa libur Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1446 H, antara 28 Maret – 6 April 2025.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa terjadinya kenaikan trafik layanan data sebesar 44 % di Jawa Tengah.

“Sacara nasional data dari Customer Experience & Service Operation Center menunjukkan terjadinya kenaikan trafik layanan data sebesar 5% dibandingkan periode Ramadan dan Lebaran tahun sebelumnya, dan 21% dibandingkan hari-hari biasa (normal) sebelum Ramadan,” katanya melalui siaran pers, Kamis (10/04/2025).

Baca juga : Trafik Data XL Axiata Naik 19 Persen Saat Libur Nataru

Lonjakan trafik tersebut tidak terlepas dari antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman dan berlibur merayakan Lebaran.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan persiapan sejak jauh-jauh hari untuk memastikan kualitas layanan yang optimal kepada pelanggan.

“Seluruh tim jaringan, baik di pusat maupun yang bertugas di lapangan, juga siaga penuh selama periode krusial untuk memastikan layanan tetap berjalan lancar tanpa gangguan,” ujar Gede.

Pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran ini menunjukkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari. Selama periode Ramadan dan Lebaran, trafik layanan didominasi oleh streaming yang meningkat sebesar 17%, disusul File access yang meningkat 16%, kemudian web browsing juga meningkat 12% serta game meningkat 46%.

Sejumlah aplikasi mengalami kenaikan trafik pemakaian yang signifikan, seperti layanan berbasis gim mengalami kenaikan trafik rata-rata hingga 46%, YouTube naik 9%, TikTok 18%, dan Netflix naik 10%. Untuk layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 14%. Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik Instagram meningkat 26%, trafik X meningkat 23% dan Meta (Facebook) 4%.

Sementara itu, web browsing naik 12% dan belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 19%. Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 19% dibanding hari normal.

Baca juga : XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik Layanan Jelang Lebaran

“Secara nasional, Bandara dan Pelabuhan yang mengalami kenaikan sangat signifikan adalah Bandara Internasional Soekarno Hatta sebesar 167% dan Pelabuhan Dermaga Merak sebesar 156%,” imbuhnya. (03)

Exit mobile version