
Wonosobo, JatengNews.id – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim I Universitas Diponegoro (UNDIP) menggelar pendampingan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) opak terkait strategi pemasaran berbasis digital.
Kegiatan KKN UNDIP berlangsung di Perpustakaan Desa Karangsambung, Kabupaten Wonosobo, pada Rabu (29/01/2025).
Desa Karangsambung dikenal memiliki potensi besar dalam produksi opak singkong. Meskipun begitu, produksi opak singkong masih terbatas pada bentuk produk mentah dan belum optimal dalam pemasarannya.
Menanggapi hal tersebut, mahasiswa KKN Tim I Undip mengadakan pendampingan bagi pemuda di Dusun Katilampa terkait strategi pemasaran berbasis digital. Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan para pelaku UMKM agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas melalui pemanfaatan sosial media.
Baca juga: Mahasiswa KKN UNDIP Ciptakan Lampu Perangkap Hama Bertenaga Surya untuk Pertanian Modern
Pendampingan ini dimulai dengan pemaparan materi terkait pentingnya pemasaran melalui digital marketplace, pelatihan pembuatan akun e-commerce melalui gadget masing-masing pemuda, sosialisasi pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB), pelatihan desain logo, hingga pengenalan produk opak yang sudah siap dijual secara daring.
Pendampingan ini dilakukan menggunakan media berupa presentasi PowerPoint, prototype produk, dan video untuk membantu meningkatkan pemahaman peserta.
Pak Sardi, Ketua Pemuda Dusun Katilampa, menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini.
“Kegiatan ini sangat bermanfaat. Saya minta untuk diadakan pendampingan lebih lanjut untuk membantu pemuda karang taruna lain lebih memahami pemasaran berbasis digital ini,” ujarnya.
Kegiatan ini berlangsung interaktif, terutama karena para pemuda terlihat antusias memperhatikan materi yang disampaikan dan aktif mengajukan pertanyaan.
“Saya sangat tertarik ketika diajarkan cara membuat akun e-commerce dan desain logo. Sekarang saya paham tahapan-tahapannya,” ungkap salah satu peserta pemuda.
Melalui kegiatan pendampingan ini, mahasiswa KKN Undip berharap dapat meningkatkan kesadaran dan minat pemuda dalam pemanfaatan digital marketplace untuk meningkatkan daya saing dan nilai jual produk melalui pemasaran berbasis digital.
Baca juga: Mahasiswa KKN Undip Hadirkan Inovasi Alat Perontok Jagung, Petani Puhgogor Sambut Antusias
Demikian informasi mengenai mahasiswa KKN Tim 1 Undip, yang menggelar kegiatan pendampingan UMKM terkait strategi pemasaran berbasis digital. Semoga melalui kegiatan ini, semakin banyak pelaku usaha mampu memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan usahanya.