Beranda Daerah Dorong UMKM Desa Go Digital, KKN UIN Walisongo Gelar Seminar Digital Marketing

Dorong UMKM Desa Go Digital, KKN UIN Walisongo Gelar Seminar Digital Marketing

Sebagai bentuk dukungan nyata, mahasiswa KKN UIN Walisongo juga membuatkan website UMKM yang nantinya akan dikelola oleh perangkat desa guna meningkatkan visibilitas produk lokal.

Penyempaian Materi oleh mahasiswa KKN UIN Walisongo di acara Seminar Digital Marketing pada Sabtu (8/2/2025) (foto:: dok KKN)

Semarang, JatengNews.id– Dalam upaya mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di desa, Divisi Ekonomi Kreatif KKN UIN Walisongo Semarang Posko 5 mengadakan Seminar Digital Marketing bagi para mitra UMKM pada Sabtu (8/2/2025).

Kegiatan KKN UIN Walisongo ini bertujuan untuk membantu pelaku usaha memperluas jangkauan pasar melalui strategi pemasaran digital.

Pemateri sekaligus penanggung jawab Divisi Ekonomi Kreatif KKN UIN Walisongo, Reza Gunawan Wibowo menekankan bahwa pemahaman pasar merupakan dasar bagi para pelaku UMKM.

Namun, di era digital ini, strategi pemasaran harus berkembang agar dapat menjangkau lebih banyak konsumen.

Baca juga: KKN UIN Walisongo Gelar Pelatihan Bouquet dan Digital Marketing di Desa Gemawang

“Penggunaan media digital dalam perdagangan memungkinkan produk terjual lebih cepat serta mengurangi biaya operasional, termasuk distribusi yang tinggi,” ujar Reza.

Sebagai bentuk dukungan nyata, Reza juga membuatkan website UMKM yang nantinya akan dikelola oleh perangkat desa guna meningkatkan visibilitas produk lokal.

Namun, ia juga menyoroti tantangan yang dihadapi, yakni rendahnya keterampilan sumber daya manusia (SDM) dalam beradaptasi dari sistem perdagangan konvensional ke digital.

Seminar ini diikuti oleh berbagai pelaku UMKM, di antaranya usaha tahu bakso, manisan, olahan jamur, kopi, catering, dan melon hidroponik.

Dalam paparannya, Reza menjelaskan lima komponen utama dalam strategi digital marketing, yakni memahami usaha, pesaing, pelanggan, arah bisnis, serta algoritma pemasaran.

Strategi pemasaran digital yang diperkenalkan meliputi penggunaan website, media sosial, afiliasi marketing, serta pemasaran melalui mesin pencari.

Perangkat desa menyambut baik inisiatif ini dan berharap seminar tidak hanya berhenti pada teori, tetapi juga diikuti dengan pendampingan berkelanjutan agar para pelaku UMKM dapat menerapkan strategi digital secara efektif dan menjangkau pasar yang lebih luas.

Baca juga: Mahasiswa KKN UNDIP Kenalkan Furoshiki, Alternatif Ramah Lingkungan untuk Kurangi Plastik

Demikian informasi mengenai mahasiswa KKN UIN Walisongo Gelar Seminar Digital Marketing. Semoga bermanfaat. (07)

Exit mobile version