Semarang, JatengNews.id – PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Semarang berhasil mengawal Pilkada serentak tahun ini dengan memastikan pasokan listrik aman dan andal di seluruh wilayah Semarang.
Selain itu, PLN UP3 Semarang kini tengah bersiap untuk menjamin keandalan pasokan listrik jelang perayaan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.
Manager PLN UP3 Semarang, Suparje Wardiyono, mengungkapkan, bahwa keberhasilan mengawal Pilkada menunjukkan kesiapan PLN dalam menghadapi berbagai tantangan operasional.
Baca juga: PLN UP3 Semarang Sosialisasi Keselamatan Ketenagalistrikan di Sekolah
“Kami bersyukur dapat memastikan kelancaran pasokan listrik selama Pilkada serentak 2024. Hal ini merupakan hasil kerja keras seluruh tim di lapangan yang siaga selama 24 jam untuk memastikan tidak ada gangguan listrik yang signifikan,” ujar Suparje melalui keterangan tertulis yang diterima JatengNews.id, Jumat (29/11/2024).
Selama pelaksanaan Pilkada, PLN UP3 Semara.v menerapkan sejumlah langkah strategis, termasuk:
Peningkatan Keandalan Sistem : Melakukan pemeliharaan preventif di infrastruktur kelistrikan di lokasi-lokasi strategis.
Posko Siaga : Membentuk posko siaga kelistrikan yang beroperasi selama 24 jam untuk memantau kondisi sistem secara real-time.
- Cadangan Pasokan: Menyediakan cadangan daya listrik serta genset di lokasi-lokasi TPS dan area krusial lainnya.
Menyongsong perayaan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 , PLN UP3 Semarang juga telah mempersiapkan langkah antisipatif untuk memastikan masyarakat dapat menikmati suasana liburan dengan nyaman. Sejumlah langkah yang diambil meliputi:
Baca juga: PLN UP3 Semarang Sosialisasi Keselamatan Ketenagalistrikan di Sekolah
a. Pemetaan Beban Puncak : Menganalisis kebutuhan listrik di wilayah-wilayah dengan konsumsi tinggi, seperti tempat ibadah, pusat perbelanjaan, dan kawasan wisata.
b. Mobilisasi Tim Siaga : Menyediakan tim siaga kelistrikan di berbagai wilayah, khususnya daerah rawan gangguan akibat cuaca ekstrem.
c. Penambahan Peralatan Pendukung : Menyiapkan peralatan cadangan, termasuk genset dan Unit Gardu Bergerak (UGB).
“Menjelang akhir tahun, permintaan listrik biasanya meningkat, terutama di wilayah yang merayakan Natal dan Tahun Baru. Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik agar seluruh kegiatan masyarakat berjalan lancar,” tambah Suparje.
PLN UP3 Semarang juga mengimbau masyarakat untuk melaporkan segera jika terdapat potensi gangguan kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile atau call center 123. Dengan sinergi antara PLN dan masyarakat, diharapkan pelayanan listrik selama momen-momen penting ini tetap optimal. (01)