Beranda Olahraga Kontingen Jateng Juara Umum Peparnas XVII Solo 2024, Para Atlet Semarang Berkontribusi...

Kontingen Jateng Juara Umum Peparnas XVII Solo 2024, Para Atlet Semarang Berkontribusi Signifikan

Ketua DPRD Kota Semarang Kadarlusman dan Ketua NPCI Kota Semarang Nur Solikin bersama para atlet Kota Semarang (Foto:jak)

Semarang, Jatengnews.id – Kontingen Jateng berhasil meraih juara umum Peparnas XVII Solo 2024 yang digelar sejak 6 Oktober hingga 13 Oktober.

Kontingen Jateng meraih juara umum dengan menempati peringkat pertama perolehan medali dengan total 406 medali, terdiri dari 161 emas, 121 perak, dan 118 perunggu.

Dari sumbangan medali tersebut, sebanyak 22 para atlet Kota Semarang juga turut berjuang dan memberikan medali untuk Kontingen Jateng di beberapa cabor. Total para atlet Kota Semarang sumbangkan 9 medali emas, 4 perak, dan 10 perunggu.

Baca juga: Peparnas XVII 2024 Resmi Ditutup, Jateng Jadi Juara Umum

Ketua NPCI (National Paralympic Committee of Indonesia )Kota Semarang Nur Solikin sangat bersyukur dan bangga dengan raihan para atlet Kota Semarang bagi Kontingen Jateng di Peparnas Solo tersebut.

‘’Kami bersyukur dan bangga dengan atlet NPCI Kota Semarang yang berjuang bagi Kontingen Jateng di Peparnas Solo. Apalagi Kontingen Jateng juara umum,’’kata Nur Solikin, Senin (14/10/2024).

Nur Solikin juga mengakui sebelumnya para atlet Kota Semarang melakukan seleksi ketat dan melakukan pemusatan latihan di Solo selama 6 bulan untuk persiapan Peparnas Solo.

‘’Prestasi para atlet Kota Semarang ini memacu kami untuk pembinaan atlet disabilitas menjadi lebih baik dan bisa memberikan prestasi di kancah internasional,’’tambahnya.

Tidak kalah penting Nur Solikin mendorong Pemerintah Kota Semarang dan dinas terkait untuk membangun sarana prasarana olahraga bagi kaum disabilitas. Apalagi di beberapa kota seperti Solo, Karanganyar, dan Banyumas  telah memberikan venue olahraga untuk kaum disabilitas.

” Untuk melakukan pembinaan pastinya perlu dukungan prasarana dan venue untuk kalangan disabilitas. Kami berharap Pemkot Semarang membangun pusat olahraga untuk atlet disabilitas. Mereka juga sudah mengharumkan nama Kota Semarang di Peparnas Solo,’’harapnya.

Sedangkan Ketua DPRD Kota Semarang Kadarlusman mengapresiasi semangat dan prestasi para atlet Kota Semarang di Peparnas XVII Solo 2024.

Baca juga: Sepak Bola CP Jateng Melaju Semifinal Peparnas XVII Solo 2024

‘’Semangat mereka luar biasa meski serba kekurangan tidak menghalangi motivasi dan semangatnya,’’jelas lelaki yang akrab dipanggil Pilus ini.

Pilus juga berjanji akan mengusulkan harapan atlet disabilitas untuk bisa memiliki venue olahraga bagi kaum disabilitas di Kota Semarang.

‘’Kami akan sampaikan kepada Wali Kota Semarang dan dinas terkait . Bagaimana nanti konsepnya dan desainnya. DPRD Kota Semarang akan mendorong untuk mewujudkan tempat olahraga kaum disabilitas Semarang, dan mudah-mudahan dua tahun kedepan bisa terealisasi,’’pungkas Pilus. (02)

Exit mobile version