Beranda Politik Dukung Program Makan Gratis Prabowo-Gibran, Cagub Ahmad Luthfi Gelar Lomba Mancing

Dukung Program Makan Gratis Prabowo-Gibran, Cagub Ahmad Luthfi Gelar Lomba Mancing

Cagub Jateng Ahmad Luthfi ketika di lomba mancing di Sungai Solokan Desa Pliken Banyumas, Rabu 9 Oktober 2024.(Foto:dok ahmad luthfi)

Banyumas, Jatengnews.id  – Cara unik dilakukan cagub Jateng Ahmad Luthfi untuk mendukung program makan bergizi gratis yang dicanangkan presiden dan Wapres terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Lewat lomba mancing ikan lele gratis, Ahmad Luthfi mengajak masyarakat untuk lebih sering mengonsumsi ikan. Ikan air tawar maupun ikan laut memiliki kandungan protein yang dibutuhkan tubuh.

Baca juga: Cagub Ahmad Luthfi Gagas Beasiswa Santri dan Ustadz/Ustadzah Ponpes

“Kami mendukung program pemerintah pusat makan bergizi gratis. Ikan jadi salah satu sumber protein,” ujar Ahmad Luthfi ketika menghadiri lomba mancing di Sungai Solokan Desa Pliken Banyumas, Rabu 9 Oktober 2024.

Menurut Cagub nomor urut 2 itu, ikan lele mudah untuk didapatkan di pasar tradisional maupun pedagang sayur keliling di kampung. Harga juga terjangkau untuk kantong. Apalagi jika mau pelihara sendiri di kolam maupun ember budidaya maka bisa lebih murah lagi.

Hanya saja, saat ini masyarakat masih kurang terbiasa makan ikan. Ada yang menganggap ikan itu amis sehingga muncul anggapan tidak enak.

“Zaman dulu ada anggapan kalau makan ikan jadi kreminen (cacingan). Padahal itu bergizi, penting untuk kecerdasan,” kata mantan Kapolda Jateng itu.

Dengan mengonsumsi ikan maka keuntungan ganda akan diperoleh. Peternak ikan akan mendapatkan hasil yang otomatis meningkatkan pendapatan. Hal itu jadi peluang emas bagi para peternak lokal nantinya.

Keuntungan jangka panjang adalah mencetak generasi penerus yang cerdas dan bebas stunting. Apalagi Jawa Tengah dan Indonesia mendapatkan bonus demografi untuk meraih cita-cita Indonesia emas tahun 2045.

Baca juga: Revisi Tata Kelola Pupuk, Cagub Ahmad Luthfi Janjikan Kemudahan untuk Petani Jateng

Acara mancing gratis itu sendiri diikuti ribuan warga. Total 5 kuintal ikan lele disebar. Warga pun antusias untuk memancing dan mendapatkan ikan lele dengan ukuran cukup besar.

Suratno (44) salah satu pemancing mengaku senang dengan acara tersebut. “Senang bisa mancing dapat ikan gratis untuk lauk di rumah,” kata Suratno.(02)

Exit mobile version