33 C
Semarang
, 23 October 2024
spot_img

Shinta Lima Tahun Berjuang Perangi Kanker Payudara, Mal Ciputra Semarang Sukses Gelar Breast Cancer Campaign

Semarang, Jatengnews.id – Lima tahun berjuang untuk tetap hidup dan menang atas kanker payudara adalah hari-hari terberat yang harus dialami oleh Shinta Roselyne.

Beliau merupakan seorang breast cancer survivor yang berkesempatan untuk membagikan perjalanan hidupnya di acara talkshow bertajuk ‘Be Aware, Take Action (2)’ Breast Cancer Campaign yang diadakan Mal Ciputra Semarang di Atrium Mal Lantai Dasar, Senin (7/10/2024).

“Awal mengetahui terkena kanker payudara adalah karena saya rutin melakukan SADARI, dan suatu hari saya menemukan benjolan kecil di bawah payudara. Sehingga langsung kontrol ke dokter, syukurlah masih stadium 1, langsung ditangani, dan Puji Tuhan karena diketahui sejak dini, sehingga ada kesempatan besar untuk sembuh. Hari ini saya sudah bisa kembali beraktivitas dengan normal.” jelasnya di depan peserta talkshow.

Baca juga: Mal Ciputra Semarang Gelar Breast Cancer Campaign, Pentingnya SADARI untuk Wanita

Shinta juga mengucapkan terima kasih kepada Mal Ciputra Semarang yang berinisiatif untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya mendeteksi kanker payudara sejak dini.

Shinta membagikan testimoni kepada para peserta tentang sebuah pelajaran hidup yang didapat sebagai seorang cancer survivor adalah bahwa apapun permasalahan yang terjadi di dalam hidup ini, jangan lupa untuk tetap mengucap syukur dan percaya bahwa selalu ada jalan untuk berjuang dan sembuh.

Melansir dari halaman World Cancer Research Fund International, kanker payudara merupakan kanker nomor satu wanita dan kanker paling umum kedua di seluruh dunia.

Namun sayangnya, banyak wanita yang tidak menaruh perhatian khusus pada hal tersebut, mungkin karena minimnya informasi atau bisa juga karena tidak menganggapnya penting.

“Tidak terasa, tahun ini adalah tahun ke delapan kami mengadakan event serupa dalam rangka memperingati Hari Kanker Payudara Internasional,” ucap General Manager Mal Ciputra Semarang, Ani Suyatni, Senin (7/10/2024) pada saat opening even.

“Tidak hanya talkshow ini saja, namun di area sayap timur kami juga adakan pemeriksaan USG Mamae gratis untuk membantu masyarakat mendeteksi dini kanker payudara. Sepanjang satu bulan ke depan kami juga kembali bekerjasama dengan RS Columbia Asia Semarang untuk mengadakan medical check up serta konsultasi gratis dengan dokter ahli untuk berbagai macam penyakit. Semua kami lakukan untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat,” jelas Ani.

Selain itu pada even ini Mal Ciputra Semarang juga bekerjasama dengan RS Khusus Bedah Columbia Asia Semarang. Hadir juga di acara talkshow narasumber yang merupakan dokter spesialis penyakit dalam, yaitu dr. Aldrich Kurniawan Liemarto, Sp.PD.,FINASIM, AIFO-K.

Aldrich secara detail mengedukasi para peserta talkshow yang keseluruhannya adalah wanita akan pentingnya mendeteksi dini kanker payudara atau yang biasa dikenal dengan SADARI (perikSA payuDara sendiRI).

Aldrich menjelaskan saat ini kanker payudara menempati urutan pertama terkait jumlah kanker terbanyak di Indonesia serta menjadi salah satu penyumbang kematian pertama akibat kanker.

Baca juga: Aksi BaLiTa Hibur Ratusan Anak YPAC dan Pengunjung Mal Ciputra Semarang

Dia berharap pola hidup sehat, makanan sehat, dan olah raga rutin bisa diterapkan oleh wanita dan ibu-ibu sekarang ini.

‘’Makanan sehat itu wajib. Olah raga juga bagus dan penting. Kebanyakan wanita mengatakan mencuci, mengepel lantai, sudah merupakan olah raga karena tubuh bergerak. Padahal olah raga itu adalah gerakan yang sistematis dan berulang kali serta terukur,’’tambahnya.

Sementara itu cancer survivor lainnya yang tergabung dalam Komunitas CISC (Cancer Information and Support Centre) Suluh Hati Semarang menyatakan bahwa semangat untuk sembuh dan dukungan dari orang-orang terdekat menjadi salah satu kunci mereka bertahan hidup.(02)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN