Beranda Daerah DPRD Karanganyar Baru Tetapkan Tiga Pimpinan Dewan

DPRD Karanganyar Baru Tetapkan Tiga Pimpinan Dewan

DPRD Karanganyar menggelar rapat paripurna penetapan pimpinan dewan, Senin (30/9/2024).(Foto:Iwan)

Karanganyar, Jatengnews.id – DPRD Karanganyar baru menetapkan 3 dari 4  pimpinan dewan periode 2024-2029, penetapan ketiga pimpinan tersebut dilakukan dalam rapat paripurna yang dipimpin ketua sementara Bagus Selo, dan wakil ketua sementara, Suparmi,  Senin (30/9/2024).

Tiga nama pimpinan yang ditetapkan tersebut, masing-masing, Bagus Selo, dari PDIP sebagai Ketua DPRD, Anung Marwoko, dari Partai Golkar sebagai wakil ketua 1 dan Darwanto dari PKS sebagai wakil ketua 2.

Baca juga: Bagus Selo Kembali Jadi Ketua DPRD Karanganyar

Sedangkan calon pimpinan untuk posisi wakil ketua 3, sampai saat ini, belum ada usulan  dari Partai Demokrat.

Ketua sementara DPRD  Karanganyar Bagus  Selo mengatakan usulan nama calon pimpinan DPRD, dapat diterima paling lambat 10 September 2024.

Menurut Bagus Selo, Sekretariat DPRD telah beberapa kali menghubungi partai politik yang bersangkutan untuk segera menyampaikan usulan nama calon pimpinan DPRD.

Dijelaskannya, mengingat waktu yang terbatas, maka pimpinan sementara DPRD  memproses usulan calon pimpinan  DPRD Karanganyar, sesuai dengan surat yang telah diterima oleh pimpinan sementara.

“Sampai hari ini pimpinan sementara DPRD Karanganyar, telah menerima nama-nama usulan pimpinan  dari PDI Perjuangan, PKS dan Partai Golkar. Sedangkan Partai Demokrat, belum mengajukan usulan siapa yang akan dicalonkan sebagai  pimpinan dewan. Penetapan pimpinan dewan dari Partai Demokrat ini, akan ditetapkan dalam rapat paripurna selanjutnya,”ujar Bagus Selo.

Berdasarkan SE Menteri Dalam Negeri tanggal 25 Juli 2024, Bagus Selo, menyebutkan bahwa usulan calon pimpinan definitif dapat diproses dengan ketentuan minimal satu unsur calon pimpinan DPRD tanpa harus menunggu usulan dari semua partai politik yang memiliki hak mengisi kursi pimpinan DPRD.

Baca juga: Meski Terlambat, Pemkab dan DPRD Karanganyar Mulai Bahas RAPBD Tahun Anggaran 2024

“Setelah penetapan pimpinan ini, akan disampaikan ke Gubernur Jawa Tengah melalui Pj bupati, agar bisa segera dilantik sebagai pimpinan defenitif,”pungkasnya.

Seperti diketahui, dalam Pileg 14 Februari 2024 lalu, DPC PDI Perjuangan meraih 15 kursi atau mengalami kenaikan dibandingkan Pileg tahun 2019 yang hanya meraih 13 kursi. Sedangkan Partai Golkar hanya meraih 9 kursi, PKS 5 kursi dan Demokrat 5 kursi.

Dengan perolehan kursi tersebut,  Ketua DPRD Karanganyar, berasal PDI Perjuangan. (Iwan-02)

Exit mobile version