31 C
Semarang
, 27 September 2024
spot_img

Pj Gubernur Jateng Serahkan Tali Asih Peserta MTQ Nasional

Semarang, Jatengnews.id – Pj Gubenur Jateng,  Nana Sudjana menyerahkan tali asih kepada para kafilah Jateng yang berkompetisi pada  Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 30 di Samarinda, Kalimantan Timur dengan total Rp190 juta

Penyerahan tali asih tersebut dilaksanakan di Kantor Gubernur Jateng pada, Jumat, 27 September 2024.

Baca juga: Pj Gubernur Sebut Inflasi Jateng Terkendali Baik dan Di Bawah Rerata Nasional

Dalam ajang tersebut, Jawa Tengah mengikuti 8 cabang dan 22 golongan lomba yang diselenggarakan. Ada sebanyak 132 orang peserta yang diberangkatkan,  terdiri dari 55 orang peserta, dan sisanya meliputi pimpinan, pelatih, pendamping dan dokter pendamping.

Prestasi yang berhasil diraih Jateng adalah juara III tilawah anak-anak putri, juara Harapan I hafalan 1 juz dan tilawah putri, kaligrafi kontemporer putra, dan kaligrafi kontomporer putri. Selanjutnya juara Harapan II karya tulis ilmiah Al-Qur’an putri, juara Harapan III kaligrafi naskah putra, hafalan 30 juz putri dan tafsir bahasa inggris putri.

Beberapa penghargaan yang diberikan kepada para kafilah, meliputi juara III sebesar Rp30 juta, harapan I itu sebesar Rp20 juta, harapan II sebesar Rp15 juta, dan harapan III sebesar Rp10 juta.

“Bagi yang tidak mendapatkan juara, mereka tetap mendapatkan tali asih sebesar Rp1,5 juta,” kata Nana usai memberikan penghargaan.

Nana menyampaikan apresiasi atas perjuangan para kafilah yang telah berhasil menyabet beberapa golongan lomba. Namun, pihaknya berharap, prestasi yang telah diraih bisa ditingkatkan, sehingga mendapat peringkat yang lebih baik.

Selama ini, lanjut dia,  kegiatan MTQ ataupun STQ selalu mendapatkan dukungan dari Pemprov Jateng, salah satunya melalui hibah keagamaan kepada LPTQ Provinsi Jateng. Hibah digunakan untuk seluruh kegiatan, mulai dari pembinaan, pelatihan, hingga pelaksanaan kejuaraan.

“Setelah kami lakukan evaluasi, ya memang perlu adanya penambahan untuk pembinaan dalam rangka perlombaan MTQ maupun STQ,” ujarnya.

Baca juga: Nana Sudjana Dukung Penuh Kafilah Jateng di MTQ Nasional ke- XXX

Kabag Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Jateng, Wahid Arbani menyatakan, sebagai upaya meningkatkan prestasi, pihaknya memberikan masukan agar ajang MTQ tingkat Provinsi Jateng dilaksanakan satu tahun sebelum pelaksanaan MTQ nasional.

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan terima kasih atas dukungan kepada  Pj Gubernur Jateng yang telah memberikan dukungan dalam rangka peningkatan kualitas pembinaan dan pengembangan Al-Qur’an di Jawa Tengah. (02)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN