33 C
Semarang
, 22 October 2024
spot_img

Indonesia Pertahankan Juara Umum Hydroplus Indonesia Para Badminton Internasional 2024

Solo, Jatengnews.id – Atlet Indonesia meraih hasil gemilang di ajang Hydroplus Indonesia Para Badminton Internasional 2024.

Dalam babak final yang digelar di Edutorium UMS, Minggu (22/9/2024) Indonesia berhasil meraih 10 emas dari 20 kategori yang dipertandingkan.

Dengan capaian ini, para atlet Indonesia berhasil mempertahankan gelar juara umum tiga kali berturut-turut.

Baca juga: PB Djarum Juara Empat Piala di Polytron Superliga Junior 2024

Senior Brand Hydroplus Margareta Sianne mengatakan kemenangan dalam turnamen ini,  menjadi dorongan semangat  untuk meraih prestasi yang lebih tinggi lagi di masa yang akan datang.

“Selamat kepada para pemenang. Semoga hasil yang membanggakan ini dapat menjadi dorongan semangat untuk mengukir prestasi yang lebih tinggi lagi di kancah dunia. Bagi yang belum berhasil semoga turnamen ini bisa memberikan pengalaman berharga dalam pengembangan bakat dan kemampuan sehingga dapat meraih prestasi di turnamen selanjutnya,”katanya.

Sementara, Deputy Manager Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yuni Kartika, memberikan apresiasi terhadap perjuangan para atlet yang berhasil meraih juara umum.

Yuni Kartika, mantan atket bilu tangkis Piala Uber 1994 itu menuturkan,  kemenangan tim Indonesia dalam turnamen Hydroplus Indonesia Para Badminton International 2024, menunjukkan bahwa sistem regenerasi atlet berjalan dengan baik.

“Meskipun kita tidak menurunkan tim dengan kekuatan penuh, para atlet berhasil meraih target mempertahankan juara umum. Dalam turnamen ini, sejumlah atlet tidak diturunkan, karena  baru saja mengikuti Paralimpiade yang berlangsung di Paris beberapa waktu lalu,”terangnya.

Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun, menerangkan,  capaian Indonesia menjadi juara umum di turnamen yang juga didukung Bakti Olahraga Djarum Foundation ini diharapkan dapat terus dipertahankan pada tahun-tahun berikutnya.

“Saya mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya event yang luar biasa ini. Semoga Hydroplus  Indonesia Para Badminton Internasional 2024 dapat terus berlanjut setiap tahun agar atlet-atlet Indonesia dapat terus meraih prestasi. Saya  yakin para  atlet dari seluruh dunia akan senang dan bangga untuk berpartisipasi. Selamat kepada seluruh atlet yang telah menjadi juara.  Teruslah berlatih keras untuk meraih prestasi,”tandasnya.

Disisi lain, jalannya  pertandingan di babak final,   kemenangan tim Indonesia diawali kemenangan  Ganda Campuran SL 3 – SU 5, Hikmat Ramdani-Leani Ratri Oktila yang pada babak final bertemu dengan pasangan Indonesia lainnya, Fredy Setiawan-Khalimatus Sadiyah.

Hikmat Ramdani-Leani Ratri Oktila yang menjadi unggulan pertama masih terlalu tangguh buat pasangan Fredy Setiawan/Khalimatus Sadiyah. Pasangan Hikmat Ramdani  gelar juara lewat pertarungan dua set langsung  dengan skor 21-12,21-10 sekaligus mempertahankan gelar juara tahun lalu.

“Pertandingan final berjalan lancar, sesuai harapan. Ini adalah keberhasilan kedua kami menjadi juara di Indonesia Para Badminton dari nomor Ganda Campuran SL 3 – SU 5. Sebelumnya kami juga meraih medali emas di Indonesia Para Badminton 2023,”kata Ratri.

Pasangan peraih medali emas Paralimpiade Paris 2024 itu juga berharap kesuksesan mereka di Hydroplus Indonesia Para Badminton International 2024 dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi seluruh pemain-pemain bulu tangkis Indonesia.

 “Dengan adanya turnamen bergengsi yang diselenggarakan di Indonesia dan kesuksesan yang kami raih, menjadi pemicu  semangat untuk lebih giat berlatih dan bisa menambah jam terbang di turnamen level internasional,” tambah Hikmat.

Kemenangan kedua dalam babak final, melalui tunggal putra SH 6, Subhan. Meski mendapat perlawanan ketat dari wakil India, Sivarajan Solaimalai, dalam pertarungan dua gim , Subhan akhirnya unggul dengan kedudukan  21-19,21-15.

“Sivarajan Solaimalai lawan yang bagus karena saya sudah beberapa kali  bertemu dikejuaraan  Internasional. Saya sempat tertinggal di awal pertandingan. Namun, Saya baru mulai panas, mengontrol dan mengatur irama permainan di pertengahan babak pertama. Alhamdullilah saya bisa menjadi juara di rumah sendiri dan memenangi gelar juara kedua di Tunggal Putra SH 6 Indonesia Para Badminton,”ungkapnya.

Baca juga: Ciptakan All Indonesia Final, Tim Merah Putih Berpeluang Jadi Juara Umum Para Badminton Internasional 2024

Diajang Hydroplus Indonesia Para Badminton International 2024, India meraih  6 medali emas dan menempati posisi kedua.

Salah satunya disumbangkan dari kategori Ganda Campuran WH 1 – WH 2 yang diwakili pasangan Prem Kumar Ale/Alphia James. Mereka berhasil menggagalkan upaya Indonesia untuk menambah medali emas dari nomor ini usai mengalahkan pasangan Agung Widodo/Katarina Dwi Putri Kristianti dengan kedudukan akhir 21-11,21-9.

“Medali emas ini adalah pencapaian pertama kami sebagai Ganda Campuran WH 1 – WH 2. Kemenangan ini tentu membuat kami semakin percaya diri terutama dalam menghadapi turnamen Internasional berikutnya. Medali emas ini ingin kami persembahkan untuk keluarga, teman-teman satu tim, para pelatih, dan semua pihak  yang telahbmendukung kami. Terima kasih juga buat Indonesia yang telah menggelar turnamen ini sehingga kami dapat berpartisipasi,” kata Alphia. (Iwan-02)

Berikut daftar juara  Hydroplus  Indonesia Para Badminton Internasional 2024:

Tunggal Putra – SH 6 Juara I             : Subhan (Indonesia)

Tunggal Putra – SL 3 Juara I             : Umesh Vikram Kumar (India)

Tunggal Putra – SL 4 Juara I             : Fredy Setiawan (Indonesia)

Tunggal Putra – SU 5 Juara I             : Suryo Nugroho (Indonesia)

Tunggal Putra – WH 1 Juara I             : Park Haeseong (Korea Selatan)

Tunggal Putra – WH 2 Juara I             : Kim Jung Jun (Korea Selatan)

Tunggal Putri – SH 6 Juara I             : Rina Marlina (Indonesia)

Tunggal Putri – SL 3 Juara I             : Qonitah Ikhtiar Syakuroh (Indonesia)

Tunggal Putri – SU 5 Juara I             : Leani Ratri Oktila (Indonesia)

Tunggal Putri – WH 1 Juara I             : Pallavi Kuluvehalli M (India)

Tunggal Putri – WH 2 Juara I             : Alphia James (India)

Ganda Putra – SL 3 – SL 4 Juara I             : Dwiyoko/Fredy Setiawan (Indonesia)

Ganda Putra – SU 5 Juara I             : Hardik Makkar/Ruthick Ragupathi (India)

Ganda Putri – SL 3 – SU 5 Juara I             : Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah (Indonesia)

Ganda Campuran – SL 3 – SU 5 Juara I             : Hikmat Ramdani/Leani Ratri Oktila (Indonsia)

Ganda Campuran – WH 1 – WH 2 Juara I             : Prem Kumar Ale/Alphia James (India)

Ganda Putri – WH 1 – WH 2 Juara I             : Kim Daeyoung/Kim Seungsuk (Korea Selatan)

 Ganda Putra – WH 1 – WH 2 Juara I             : Kim Jung Jun/Ryu Donghyun (Korea Selatan)

Ganda – SH 6 Juara I             : Dhinagaran Pandurangan/Ivan Segura (India/Spanyol)

Ganda Campuran SH 6 Juara I             : Subhan/Rina Marlina (Indonesia)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN