Beranda Olahraga Raih 3 Emas 1 Perak, Paralayang Jateng Juara Umum di PON XXI...

Raih 3 Emas 1 Perak, Paralayang Jateng Juara Umum di PON XXI Aceh Sumut 2024

Atlet paralayang Jateng yang berhasil sumbangkan medali emas di PON XXI Aceh Sumut 2024 (Foto:koni jtg)

Aceh Besar, Jatengnews.id  – Kontingen paralayang Jawa Tengah menunjukkan superiornya dengan menjadi juara umum pada cabor paralayang PON XXI Aceh Sumut 2024.

Paralayang menjadi juara umum dengan meraih tiga emas, dan 1 perak di hari terakhir pertandingan cabor paralayang yang digelar di Pegunungan Desa Lamtanjong, Sukamakmur, Kab Aceh Besar Kamis (19/9/2024).

Baca juga: Paralayang Sumbangkan Emas di Nomor Ketepatan Mendarat Tandem Beregu

Pada hari terakhir, mengacu pengumuman resmi dari Terchnical Delegate PON, Jateng menambah dua keping emas melalui nomor ketepatan mendarat perseorangan putri  yang dipersembahkan Eka Nesti Wulansari, serta ketepatan mendarat beregu putri yang beranggotakan Eka Nesti, Erika Yolanda, Silviana Bebby.

Uniknya, di nomor ketepatan mendarat perseorangan putri, terjadi juara kembar. Selain Eka Nesti, terdapat peraih emas lainnya yaitu Shakira Wasila Ananda (Jabar). Keduanya punya nilai sama yaitu 2 cm.

Sebelumnya, Jateng membuka satu emas dan satu perak melalui nomor tandem beregu dengan materi pilot Arfan Lubis/Afifian, Moh Solekhul Hadi/Kris Diiantono, dan Damar Aziz/Erika Yolanda. Perak ketepatan mendarat tandem perseorangan disumbangkan Arfan Lubis /Afifian.

Sebetulnya di hari terakhir, masih menyisakan dua mata lomba nomor lintas alam (XC), tapi akhirnya ditiadakan karena faktor cuaca.

Lampaui Target

Pelatih fisik paralayang Jateng Dian Listiarini menyampaikan rasa syukur karena pencapaian Jateng di PON melampaui target  yang diberikan KONI yaitu dua medali emas.

”Ada 2 nomor yang tidak bisa dimainkan karena kendala cuaca, namun kami bersyukur inilah rezeki yang Allah berikan kepada tim paralayang Jateng,” kata Dian Kamis (19/9/2024).

Atas hasil ini, dia mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada atlet, pemprov, KONI Jateng, pengurus pengprov, FASI Jateng,  tim ofisial, pelatih dan seluruh lini yang mendukung tim paralayang.

Di bagian lain, Ketua Pengprov Paralayang Jateng Nur Cholis, tidak mudah berlomba di Aceh dengan sarana take off dan landing yang baru dibuat, jalan ke take off sangat licin dan berlumpur, sampai take off angin kencang dan tailwind, dengan  tenda-tenda yang  sering ambruk berantakan.

Baca juga: Woodball Jateng Raih Tiga Emas PON XXI Aceh Sumut 2024

Tantangan berikutnya adalah makanan untuk atlet yang sering kurang layak bahkan ada yang basi, dan sering datang terlambat.

”Namun Jateng Ora Sepele… anak-anak Jateng selalu sudah standby di lapangan pagi-pagi sekali. Mereka selalu siap tempur dalam kondisi apapun! Mereka selalu  mengikuti instruksi pelatih dengan baik, ,selalu kompak dan saling membantu satu sama lain. Kami kira inilah kunci dari pencapaian ini,” pungkasnya.(02)

Exit mobile version