25 C
Semarang
, 20 September 2024
spot_img

Bulu Tangkis Jateng Juara Umum PON XXI Aceh Sumut 2024, Raih Lima Emas Tiga Perak Dua Perunggu

Deli Serdang, Jatengnews.id – Tim bulu tangkis Jateng menjadi juara umum pada cabor bulu tangkis di PON XXI Aceh Sumut 2024.

Kepastian itu tersaji dalam laga final yang berlangsung di Gedung PBSI Provinsi Sumatera Utara Kamis, 19 September 2024.

Baca juga: Raih 3 Emas 1 Perak, Paralayang Jateng Juara Umum di PON XXI Aceh Sumut 2024

Kejutan muncul di pertandingan pertama nomor ganda campuran. Ganda campuran Jawa Tengah Michael Owen/Bernadine Anindya W harus tumbang dengan Muhammad Rafi Alayman Jafar/Farica Abela (Jawa Barat).

Owen/Bernadine sebenarnya hanya membutuhkan satu poin di game kedua untuk memastikan medali emas. Namun, Muhammad Rafi/Farica Abela mampu membalikkan keadaan dan memaksakan hingga game ketiga.

Di game ketiga, Owen/Bernadine, mereka kalah dengan skor akhir 21-16, 23-25, dan 11-21.

Di pertandingan kedua tersaji All Jateng Final di nomor tunggal putra. Richie Duta Richardo sukses mengandaskan Moh. Zaki Ubaidillah dengan skor 21-10, 18-21, 14-21 dan membuat Richie berhak atas medali emas di nomor tunggal putra.

Berikutnya, ada partai final tunggal putri yang mempertemukan wakil Jawa Tengah Sausan Dwi Ramadhani dengan Aurelia Salsabila (Jawa Timur) Duel ini berhasil dimenangi tunggal putri Jawa Tengah dengan skor akhir 21-17, 21-18.

Pertandingan keempat kembali memainkan All Jateng Final di nomor ganda putri antara Ardita Anjani/Titis Maulida Rahma melawan Bernadine Anindya Wardana/Velisha Christina. Duel sesama Jawa Tengah itu sukses dimenangi oleh Ardita Anjani/Titis Maulida dengan skor akhir 21-14, 21-17.

Sementara Jawa Tengah gagal menempatkan wakil di  final nomor ganda putra. Adalah Gilang Krisnandi Toyo Pramana/Kleopas Binar Putra Prakoso (Jawa Timur) berhadapan dengan Galuh Dwi Putra/Muhammad Gibran Arfiansyah (Jawa Barat)

Hasil ini sekaligus memastikan Jawa Tengah menjadi juara umum cabor bulutangkis dengan raihan total lima medali emas, tiga perak, dan dua perunggu.

Pelatih bulu tangkis Jawa Tengah, Lukman Hakim menyampaikan rasa syukur atas hasil yang didapat oleh anak didiknya. Hasil ini, kata Lukman, merupakan sejarah baru bagi bulu tangkis Jawa Tengah.

“Bisa dikatakan ini mencetak sejarah, terutama bisa menyandingkan emas beregu putra dan beregu putri. Total perolehan medali mungkin ini yang terbanyak selama keikutsertaan PON dari seluruh daerah,” katanya usai laga.

Ia pun mengapresiasi seluruh atlet yang telah menampilkan kemampuan terbaik yang mereka miliki. Hampir seluruh atlet yang tampil mendapatkan medali di nomor perorangan, kecuali di pemain ganda putra.

Baca juga: Woodball Jateng Raih Tiga Emas PON XXI Aceh Sumut 2024

“Harapannya semua bisa berlatih lebih giat, disiplin, pola pikirnya jangan kendor, dan jangan jumawa dengan hasil ini,” tandasnya.

Ketua Pengprov PBSI Jawa Tengah Basri Yusuf mengucapkan banyak terima kasih kepada tim Jawa Tengah pada PON XXI 2024 Aceh-Medan yang telah maksimal mulai persiapan hingga selesai cabor bulu tangkis  ini.

‘’Usaha dan latihan keras tidaklah sia-sia. Ikut bangga atas perjuangan para atlet, pelatih dan tim official sehingga cabor bulutangkis meraih juara umum dengan perolehan 5 emas, 3 perak, dan 2 perunggu. Semoga perolehan ini tidak puas sampai disini, namun perjuangan atlet kedepannya masih panjang dalam mewujud impian kalian menjadi atlet dunia,’’katanya.(02)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN