Beranda Nasional Gempabumi Guncang Kecamatan Batu Putih Lokasinya Tak Jauh Dari IKN

Gempabumi Guncang Kecamatan Batu Putih Lokasinya Tak Jauh Dari IKN

Ilustrasi Gempabumi. (Foto : BMKG)

Berau, Jatengnews.id – Gempabumi 4,1 Magnitudo yang berpusat di Berau, Kalimantan Timur ini diketahui terbilang lumayan dekat dengan lokasi Ibu Kota Nusantara (IKN), Minggu (15/09/2024) pukul 19.28 WITA.

Peristiwa gempa bumi tersebut terjadi pada pukul 19:28 WITA, melanda wilayah Kecamatan Batu Putih Kabupaten Berau.

Baca juga : Pemprov Jateng Keluarkan Surat Edaran Waspada Ancaman Gempa Megathrust

Menurut BMKG, pusat gempa terletak 143 KM Tenggara Berau, Kalimantan Timur, di kedalaman 11 KM yang tergolong gempa dangkal akibat aktivitas sesar aktif.

Getarannya terasa di Kabupaten Batu Putih dan Sangkulirang dengan intensitas II-III MMI, namun sejauh ini belum dilaporkan adanya kerusakan.

Pantauan BMKG juga menunjukkan tidak ada gempa susulan pasca kejadian tersebut. Tetap waspada dan ikuti pembaruan dari pihak berwenang.

“#Gempa Mag:4.0, 15-Sep-2024 20:39:06WIB, Lok:1.30LU, 118.35BT (137 km Tenggara BERAU-KALTIM), Kedlmn:10 Km #BMKG Disclaimer:Informasi ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data,” cuit BMKG di akun X.

Baca juga : Waspada Wilayah Jawa dan Sumatera Berpotensi Gempa Megathrust

Adapun, jika ilihat dari peta google, titik lokasi gempa di Berau ini tak jauh dengan IKN hanya berjarak 16 jam 2 menit (756,6 KM). (03)

Exit mobile version