24 C
Semarang
, 19 September 2024
spot_img

PT BPR Bank Daerah Karanganyar Raih Top GRC Awards 2024

Karanganyar, Jatengnews.id – Bank Daerah Karanganyar (BDK) kembali menerima penghargaan. Kali ini, BUMD Pemkab Karanganyar tersebut, meraih
Penghargaan Top GRC ( Governance, Risk and Compliance) Awards 2024 yang diberikan oleh Majalah Top Business Indonesia, Rabu (11/9/2024) di Hotel Rafles Jakarta.

Penghargaan diberikan, karena BDK berhasil menerapkan tata kelola perusahaan, dengan predikat sangat baik.

Penghargaan tersebut diterima Direktur Kepatuhan BDK Arianto Pramudjadi. Sedangkan Direktur Utama BDK , Haryono, menerima penghargaan The Most Commited GRC Leader 2024, terkait kepemimpinan yang efektif dan berkualitas dalam pengelolaan Bisnis di BPR.

Baca juga : BPR Bank Karanganyar Jamin Keamanan Dana Nasabah Meski Diterpa Kasus Korupsi

Penyerahan 2 Piagam Penghargaan tersebut disaksikan oleh Komisaris Independen, Sumarno

Dalam siaran pers yang diterima wartawan, penghargaaan yang diterima BDK Karanganyar merupakan yang kelima di tahun 2024.

Sebelumnya BDK Karanganyar meraih penghargaan BPR Bintang 5 versi Majalah Business, Top Pembina BUMD 2024 dan Top CEO BUMD tahun 2024 serta Raih Platinum Award dari Majalah Infobank.

Baca juga : 33 BPR BKK Se-Jateng Siap Berkonsolidasi

Komisaris Independen BDK Karanganyar, Sumarno mengatakan, Top GRC Award yang diraih, merupakan bukti penilaian Tata Kelola BPR dan kinerja bisnis BDK tergolong sangat bagus.
Menurut Sumarno, bisnis BDK terus tumbuh dan berkembang dengan baik.

“Pimpinan BDK memiliki kompeten, profesional dan berpengalaman dibidangnya sehingga dalam pengelolaan bisnis BPR telah melaksanakan prinsip prinsip kehati-hatian, akuntable dan profitable,”ujarnya.

Sumarno menjelaskan, sejak tahun 2021 hingga tahun 2023 BDK juga telah mendapatkan TOP GRC hal ini membuktikan bahwa Manajemen BDK, bersama Dewan Komisaris, Direksi dan seluruh karyawan telah membangun masa depan bisnis BPR yang berkelanjutan berketahanan dan tangguh. akan tangguh kedepannya.

Sementara iru, Direktur Utama BDK Karanganyar, Haryono mengungkapkan, yang menjadi bahan pertimbangan penilaian BDK meraih TOP GRC antara lain,

  1. BDK telah membuat kelengkapan dokumen sistem tata kelola perusahaan, seperti SOP, budaya kerja, Code Of Conduct pedoman perilaku pegawai serta telah melaksanakan pengelolaan 3manajemen resiko bisnis BPR meliputi Resiko operasional, resiko kredit, resiko reputasi, resiko kepatuhan, resiko strategik, resiko likuiditas, rentabilitas , resiko hukum telah dimitigasi semuanya dengan baik dan terkendali.
  2. Implementasi GRC Good Risk Complaince BDK telah dijalankan dengan baik. Jika terjadi pelanggaran, diberikan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku, penerapan reward dan punishment.
    Karyawan yang melanggar aturan, djbeeikan sanksi peringatan hingga pemecatan.
    Hal ini untuk menambah kepercayaan para nasabahnya bahwa pengelolaan dana para nasabahnya telah dikelola dg baik dan profesional sehingga dijamin aman dan menguntungkan bagi semuanya.

3.BDK memiliki kinerja bisnis yang terus tumbuh am secara berkualitas dan berkinerja keuangan sehat serta profitable. Hal menunjukkan manajemen perusahaan dikelola dengan baik dan profesional.

  1. BDK telah melaksanakan pilar-pilar GRC meliputi Transparansi (keterbukaan), Akuntabilitas (kinerja yang terukur), Responsibel (tanggung jawab), Profesional dan Fairnes (kewajaran).
  2. Top Leader manajemen BDK menjadi Kunci Keberhasilan GRC agar GRC menjadi Budaya Perusahaan dan para Leader di BDK menjadi keteladanan dan berkomitmen tinggi dalam menjalankan tata kelola perusahaan dengan baik bersama sama pada seluruh karyawan.

“Harapan kami mewakili Manajemen Bank Daerah Karanganyar dengan penghargaan ini semakin menyemangati Direksi dan Komisaris serta seluruh karyawan untuk terus meningkatkan implementasi GRC di BDK. Dan Manajemen BDK pasti menindak tegas pelaku pelanggaran tata kelola perusahaan GRC agar bisnis BDK semakin tangguh dan bisnis terus tumbuh san berkembang dan berkelanjutan. Sehingga kepercayaan masyarakat terus meningkat,”pungkasnya.(Iwan-02)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN