25 C
Semarang
, 17 September 2024
spot_img

Kemarau Panjang, PDAM Karanganyar Minta Pelanggan Bijak Gunakan Air

Karanganyar, Jatengnews.id – Musim kemarau berkepanjangan, pasokan air ke para pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Karanganyar, mengalami penurunan.

Musim kemarau tahun ini, diperkirakan lebih lama. Menurut BMKG, musim kemarau akan berlangsung hingga bulan Desember 2024 sampai Januari 2025 mendatang.

Baca juga: PDAM Karanganyar Kerjakan Pemasangan Saluran Pipa TC NPC

Direktur Utama PDAM Karanganyar, Prihanto, kepada sejumlah wartawan, Sabtu (7/9/2024) menyampaikan, musim kemarau ini, mengakibatkan mata air yang ada mengalami penurunan.

Menurut Prihanto, penurunan pasokan air mencapai 20 liter per derik, atau setara dengan 2000 pelanggan.

“Dalam beberapa hari terakhir, aliran air tersendat. Kami meminta kepada seluruh pelanggan, agar lebih bijak menggunakan air. Gunakan air secukupnya.,” jelas Prihanto.

Dikatakan Prihanto, para pelanggan juga diminta untuk berkoordinasi dengan PDAM. Jika memgalami gangguan, kata Prihanto, segera melaporkan ke PDAM sehingga bisa segera diperbaiki.

Untuk daerah paling rawan akibat berkurangnya debit air adalah jalur Karangpandan hingga Perumnas Ngringo, Kecamatan Jaten. Serta wilayah perkotaan.

Sedangkan untuk wilayah Gondangrejo, Colomadu, serta wilayah Jumantono, Jumapolo, Jatipuro, Jatiyoso, masih aman.

“Tim kami, telah melakukan perbaikan pipa ukuran 4 dim. Meski demikian, karena kemarau panjang, tidak akan maksimal, karena pasokan air berkurang,”terangnya.

Baca juga: Kembalikan Formulir Pendaftaran, Dirut PDAM Karanganyar Prihanto Janjikan Program Seragam Sekolah Bersubsidi

Prihanto menambahkan, mengantisipasi terjadinya gangguan pasokan air, PDAM telah menyiapkan 3 unit mobil tangki dengan kapasitas 4000 liter.

“Mobil tangki siaga 24 jam. Jika kesulitan air, segera laporkan. Kita segera kirimkan pasokan air,”pungkasnya. (Iwan-02)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN