33 C
Semarang
, 20 September 2024
spot_img

Tepat Menolong, Nyawa Tertolong! Mahasiswa KKN UNDIP Gelar Pelatihan Pertolongan Pertama di Desa Karangasem

Kembali tunjukan kepeduliannya, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro (UNDIP) gelar Pelatihan Pertolongan Pertama di Desa Karangasem.

Karangasem, JatengNews.id– Kembali tunjukan kepeduliannya, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro (UNDIP) menggelar Pelatihan Pertolongan Pertama di Desa Karangasem.

Kegiatan ini diikuti oleh warga di Desa Karangasem, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang pada Sabtu (11/08/2024).

Kegiatan ini diisiasi oleh Athaya Kamila Koswara, mahasiswa Ilmu Kelautan Undip, Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk membekali warga dengan pengetahuan dan keterampilan dasar dalam menghadapi situasi darurat.

Pelatihan ini mendatangkan Bonifacius Arbanto, instruktur Scuba Schools International (SSI), yang menyampaikan sejumlah materi penting, mulai dari DRSABC (Danger, Response, Send for help, Airway, Breathing, Circulation) hingga teknik resusitasi jantung paru dan manuver Heimlich.

Baca juga: Mahasiswa KKN UNDIP Gelar Edukasi Tangkal Banjir Rob dengan Optimasi Seawall dan Mangrove di Desa Ketapang

Materi-materi tersebut disampaikan dan juga dipraktikkan oleh seluruh peserta.

“Saya mengadakan pelatihan ini karena pertolongan pertama yang baik dan benar belum banyak dipahami masyarakat, harapannya dengan diadakannya pelatihan ini, para peserta dapat bertindak tepat semisal berjumpa dengan kondisi darurat,” ujar Athaya.

Para peserta pelatihan sangat antusias mengikuti setiap sesi. Mereka terlihat serius mendengarkan penjelasan dan tidak ragu untuk bertanya.

Selain materi dan praktek, dilakukan juga simulasi skenario keadaan darurat. Hal ini bertujuan agar peserta dapat menerapkan langsung apa yang telah mereka pelajari.

Pelatihan pertolongan pertama ini merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa KKN Undip kepada masyarakat.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Desa Karangasem dan mendorong terciptanya masyarakat yang lebih tangguh dalam menghadapi berbagai risiko.

Baca juga: Keluhkan Sengketa Perceraian, Tim II Kkn UNDIP Gelar Sosialisasi Penyelesaian Sengketa Perceraian Dengan Mediasi

Demikian informasi mengenai mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro (UNDIP) gelar Pelatihan Pertolongan Pertama di Desa Karangasem. Semoga bermanfaat (07)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN