33 C
Semarang
, 20 September 2024
spot_img

Mahasiswa Tim II KKN UNDIP Ajak Warga Bijak Kurangi Sampah Plastik dengan Eco Bag

Mahasiswa Tim II KKN UNDIP tahun 2024 mengajak warga bijak pengurangan sampah plastik dengan Eco Bag.

Sukoharjo, Jatengnews.id- Mahasiswa Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro mengajak warga bijak pengurangan sampah plastik dengan Eco Bag.

Kegiatan tersebut berlangsung di rumah Mbah Pudin warga Desa Sugihan, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo Jumat (26/7/2024).

Program yang berjudul ‘Kebijakan Pengurangan Sampah Plastik dengan Eco Bag untuk Lingkungan Hidup yang Sehat’ berhasil menarik perhatian serta melibatkan aktif ibu-ibu di Dukuh Daplangu.

Tujuan utama dari program ini adalah untuk meningkatkan kesadaran mengenai pengurangan sampah plastik dengan mempromosikan penggunaan Eco Bag, dan dihadiri oleh ibu-ibu dari Dukuh Daplangu.

Kegiatan dimulai dengan presentasi yang mendalam tentang sampah plastik, mencakup berbagai jenis plastik, cara plastik mencemari lingkungan, serta dampaknya terhadap kesehatan manusia dan ekosistem.

Baca juga: Mahasiswa Tim II KKN UNDIP Buat Modul Penguji Kualitas Air untuk Proses Filter Air Daur Ulang Limbah Detergen

Mahasiswa KKN Tim II UNDIP memaparkan fakta-fakta penting mengenai masalah yang ditimbulkan oleh plastik sekali pakai, seperti pencemaran tanah dan air serta ancaman bagi kehidupan laut.

Mahasiswa KKN Tim II UNDIP ingin menunjukkan kepada ibu-ibu di Dukuh Daplangu betapa seriusnya masalah sampah plastik dan bagaimana kita bisa menguranginya.

Dengan memahami bahaya plastik dan beralih ke solusi seperti penggunaan eco bag, kita dapat melakukan perubahan yang signifikan untuk lingkungan kita.

Setelah sesi edukasi, ibu-ibu di Dukuh Daplangu diberi informasi mengenai manfaat eco bag.

Eco bag, yang terbuat dari bahan yang ramah lingkungan, merupakan alternatif yang sangat baik untuk kantong plastik sekali pakai yang sering digunakan.

Mahasiswa KKN Tim II UNDIP juga mendemonstrasikan berbagai cara penggunaan eco bag dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari berbelanja hingga membawa barang-barang sehari-hari. Ibu-ibu dari Dukuh Daplangu menunjukkan antusiasme yang tinggi selama demonstrasi dan sesi tanya jawab.

Program ini diharapkan tidak hanya meningkatkan kesadaran tentang bahaya sampah plastik tetapi juga memotivasi masyarakat untuk beralih menggunakan eco bag, yang dapat membantu mengurangi jejak karbon dan dampak negatif terhadap lingkungan.

Dengan inisiatif ini, Desa Sugihan berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat untuk generasi mendatang.

Baca juga: Mahasiswa Tim II KKN UNDIP Lakukan Edukasi Partisipasi Perempuan Dalam PILKADA 2024

Demikian informasi mengenai mahasiswa Tim II KKN UNDIP tahun 2024 mengajak warga bijak pengurangan sampah plastik dengan Eco Bag. Semoga bermanfaat. (07)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN