Beranda Daerah Mahasiswa Tim II KKN UNDIP Ajak Warga Kaliwuluh Membuat Obat Nyamuk Ramah...

Mahasiswa Tim II KKN UNDIP Ajak Warga Kaliwuluh Membuat Obat Nyamuk Ramah Lingkungan

Mahasiswa KKN Tim II UNDIP tahun 2024 gelar kegiatan “Pelatihan Pembuatan Obat Nyamuk dari Tanaman Serai dan Kulit Jeruk.

Dokumentasi Program Kerja Pelatihan Pembuatan Obat Nyamuk Alami di Desa Kaliwuluh pada Sabtu (3/8/2024) (foto: Dok/KKN)

Karanganyar, JatengNews.id- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro (UNDIP) tahun 2024 gelar kegiatan ‘Pelatihan Pembuatan Obat Nyamuk dari Tanaman Serai dan Kulit Jeruk’ di Desa Kaliwuluh pada Sabtu (3/8/2024).

Kegiatan ini merupakan inisiatif Rizkyara Syafrozah dari program studi Biologi, Fakultas Sains dan Matematika, UNDIP yang dilaksanakan untuk mencegah penyakit DBD dan penyakit lainnya yang terbawa dari gigitan nyamuk.

Berdasarkan pengamatan lapangan, banyak masyarakat yang terkena gigitan nyamuk saat beraktivitas terutama ketika berada di sawah dan kebun.

Penggunaan obat nyamuk kimia juga menyebabkan iritasi pada sebagian lansia. Oleh karena itu, pelatihan dan edukasi dalam pembuatan obat nyamuk alami dibutuhkan.

Baca juga: Perangi Anemia, Mahasiswa Tim II KKN UNDIP Kenalkan ‘PUKAU’ Puding Kacang Hijau Pencegah Anemia

Kegiatan ini dihadiri oleh 30 peserta dari ibu-ibu PKK Kaliwuluh, dengan metode pelatihan dan praktik pembuatan obat nyamuk alami.

Bahan utama yang dibutuhkan yaitu serai dan kulit jeruk, karena mengandung senyawa sitronelol yang bersifat racun bagi nyamuk. Kedua bahan ini murah dan mudah didapatkan.

Kegiatan diawali dengan membagikan pamflet dan penjelasan terkait manfaat menggunakan obat nyamuk alami. Selanjutnya dilaksanakan praktik yang dilakukan bersama-sama.

Obat nyamuk yang dihasilkan berwarna kuning cerah dan berbau harum sehingga digemari oleh ibu-ibu yang hadir. 

Ibu Eny Ika Saputri selaku Ibu Bayan Kaliwuluh Lor sangat mengapresiasi kegiatan ini. “Ini merupakan kegiatan yang sangat bagus, obat nyamuknya sangat wangi dan mudah untuk dibuat” ungkapnya.  

Banyak peserta yang berencana membuat obat nyamuk alami ini dirumah, salah satunya yaitu Ibu Waginem.

“Nanti saya mau buat sendiri di rumah, bahannya mudah didapatkan dan jadinya banyak, mau saya pakai saat pergi ke kebun,” ucap Waginem.

Dengan adanya pelatihan dan edukasi ini, diharapkan masyarakat Desa Kaliwuluh dapat terhindar dari gigitan nyamuk, sehingga tidak ada kejadian atau kasus DBD di lingkungan Desa Kaliwuluh.

Baca juga: Tim II KKN UNDIP Gelar Pelatihan Inovasi Hidroponik dengan Metode Wick System, Solusi Atasi Keterbatasan Lahan

Demikian informasi mengenai mahasiswa KKN Tim II UNDIP tahun 2024 gelar kegiatan “Pelatihan Pembuatan Obat Nyamuk dari Tanaman Serai dan Kulit Jeruk. Semoga bermanfaat. (07)

Exit mobile version