Beranda Daerah Mahasiswa Tim II KKN UNDIP Edukasi Pembuatan Pupuk Kompos Di Desa Gentanbanaran

Mahasiswa Tim II KKN UNDIP Edukasi Pembuatan Pupuk Kompos Di Desa Gentanbanaran

Mahasiswa KKN Tim II UNDIP mengimplementasikan program kerja dalam pembuatan pupuk kompos.

Demonstrasi pembuatan pupuk kompos di Desa Gentanbanaran oleh mahasiswa KKN UNDIP pada Minggu (28/07/2024) (foto: Dok/KKN)

Sragen, JatengNews.id- Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro (UNDIP) Zian Arikah dari program studi Biologi mengimplementasikan program kerja dalam pembuatan pupuk kompos.

Kegiatan tersebut berlangsung di Desa Gentan Banaran, Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen, Minggu (28/07/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah organik serta pemanfaatannya sebagai pupuk organik yang dapat bernilai ekonomis.

Baca juga: KKN Tim II UNDIP Bikin Teh Kelor, Alternatif Ampuh Cegah Anemia pada Remaja Putri

Pada kegiatan ini, mahasiswa KKN memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai cara pembuatan pupuk kompos yang mudah dibuat dan efektif untuk tumbuh perkembangan tanaman. 

Bahan bahan yang digunakan pun mudah untuk didapatkan dan berada disekitar, seperti sampah organik sisa sayuran, daun kering, dan tanah. Dengan teknik pengomposan yang tepat, bahan-bahan tersebut dapat dirubah menjadi pupuk kompos yang berkualitas tinggi dan dapat meningkatkan produktivitas pertanian.

Selain untuk memberikan edukasi, mahasiswa KKN Undip juga melakukan demostrasi langsung dalam pembuatan pupuk kompos. Masyarakat diajak untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembuatan pupuk kompos, mulai dari pemilihan bahan hingga mencampuran dari semua bahan.

Hal ini diharapkan dapat menumbuhkan minat masyarakat untuk membuat pupuk kompos sendiri dirumah dengan bahan yang mudah untuk didapatkan.

Kepala Desa GentanBanaran menyambut baik kegiatan ini.

“Pelaksanaan kegiatan ini dapat membantu masyarakat GentanBanaran untuk dapat mengelola sampah sisa bahan makanan sehingga tidak dibuang dengan sia-sia,” ujarnya.

Keberhasilan dari program kerja ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk masyarakat yaitu Ibu-ibu PKK yang menjadi target audience dari program kerja ini.

Diharapkan program serupa dapat terus dilanjurkan dimasa mendatang untuk mendukung pembangunan pertanian yang berkelanjutan.

Baca juga: Mahasiswa Tim II KKN UNDIP  Gelar Program Edukasi ‘Hidroponik’, di Sektor Pendidikan di Kelurahan Kampung Baru

Demikian informasi mengenai mahasiswa KKN Tim II UNDIP mengimplementasikan program kerja dalam pembuatan pupuk kompos. Semoga bermanfaat. (07)

Exit mobile version