33 C
Semarang
, 20 September 2024
spot_img

Tim II KKN UNDIP Buat Peta Evakuasi Banjir, Jadi Harapan Baru Warga Ketapang Hadapi Ancaman Banjir Rob

Mahasiswa KKN Tim II UNDIPTahun 2023/2024 memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat Desa Ketapang dengan membuat peta evakuasi.

Pemalang, JatengNews.id– Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro tahun 2023/2024 memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat Desa Ketapang dengan membuat peta evakuasi.

Mahasiswa Teknik Perkapalan, Nugroho Catur Mulyawanto, merancang peta jalur evakuasi dan titik kumpul di beberapa titik strategis Desa Ketapang pada Senin (05/08/2024).

Peta ini dibuat sebagai upaya untuk memberikan panduan bagi warga saat terjadi bencana banjir rob.

Desa Ketapang dengan luas 387 Hektar merupakan salah satu desa yang terletak di pesisir pantai utara Pulau Jawa.

Hal ini mengakibatkan Desa Ketapang belum sepenuhnya aman dari ancaman bencana banjir rob.

Baca juga: Mahasiswa Tim II KKN UNDIP Ubah Jerami Jagung Jadi Pakan Ternak Bernutrisi Tinggi di Desa Kacangan

Banjir rob merupakan ancaman serius bagi Desa Ketapang. Dengan adanya peta evakuasi, diharapkan warga dapat bergerak cepat dan tepat menuju tempat yang aman saat terjadi bencana banjir rob.

Program ini melibatkan survei lapangan untuk mengevaluasi topografi dan kondisi geografis, menentukan jalur evakuasi yang optimal, serta penentuan titik kumpul strategis. Keselamatan menjadi prioritas utama dalam memastikan bahwa jalur evakuasi dapat digunakan dengan aman dalam situasi darurat.

Lokasi jalur evakuasi dan titik kumpul dipilih dengan memperhatikan aksesbilitas masyarakat dan keamanan dari potensi bahaya bencana.

Kolaborasi antara mahasiswa KKN dan perangkat desa diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan desa terhadap bencana banjir rob.

Perangkat Desa Ketapang, Heri menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa KKN atas kontribusinya.

“Saya sangat mengapresiasi upaya mahasiswa KKN Undip dalam membuat peta evakuasi ini. Peta ini sangat bermanfaat, terutama bagi warga yang kurang familiar dengan kondisi geografis desa. Saya berharap peta ini bisa diperbaharui secara berkala agar selalu relevan,” ujar Heri

Diharapkan, melalui program ini, kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana alam dapat meningkat.

Dengan adanya jalur evakuasi yang jelas dan titik kumpul yang strategis, diharapkan masyarakat akan lebih siap dan mampu bertindak efektif saat menghadapi bencana banjir rob.

”Peta ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan warga dalam menghadapi ancaman banjir rob yang kerap terjadi,” ungkap Nugroho catur.

Baca juga: Mahasiswa Tim II KKN UNDIP Manfaatkan Limbah Kotoran Kambing, Dari Kotoran Jadi Pupuk Organik Eco-Friendly

Demikian informasi mengenai mahasiswa KKN Tim II UNDIP tahun 2023/2024 memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat Desa Ketapang dengan membuat peta evakuasi. Semoga bermanfaat. (07)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN