25 C
Semarang
, 20 September 2024
spot_img

Tekan Inflasi Pemkab Semarang Gencarkan Gerakan Pangan Murah

Blora, Jatengnews.id – Ratusan warga antusias menyerbu stan penjualan beras, minyak goreng dan telur, pada gerakan pangan murah (GPM) di halaman Kantor Dispertan setempat belum lama ini. Pasalnya, komoditas pokok itu dijual dengan harga lebih murah dari harga pasaran.

Kepala Dispertan Kabupaten Semarang melalui Kepala Bidang Pangan, Lendi Ageng Kurnia menjelaskan, GPM digelar untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan di tingkat konsumen.

Baca juga : Video Kakek Asal Semarang Nekat Makan Daging Kucing

Disampaikan, penyediaan bahan pokok murah itu dibiayai dari Dana Dekonsentrasi Badan Pangan Nasional dan APBD Kabupaten Semarang.

“Gerakan pangan murah kali ini, lanjut Lendi, menyediakan tiga kuintal beras medium yang dijual Rp56 ribu per lima kilogram. Sedangkan di pasaran, harga sudah mencapai Rp67.500. Selain itu, ada 1,5 kuintal beras SPHP seharga Rp57 ribu per lima kilogram, di bawah harga pasar Rp63.500,” katanya dikutip dari laman resmi Pemprov Jateng, Sabtu (10/08/2024).

Ada pula 300 kilogram telur ayam ras seharga Rp23 ribu per kilogram, lebih murah dari pasar Rp26 ribu. Sedangkan 300 kilogram gula pasir dan 300 kilogram minyak goreng juga dijual murah.

Lendi menambahkan, GPM juga untuk menekan angka inflasi yang disumbang sektor pertanian.

Selain bahan pokok, imbuhnya, GPM juga diramaikan penjualan aneka makanan olahan dan pertanian produk lokal petani Kabupaten Semarang.

Baca juga : Pekan ASI Sedunia KAI Daop 4 Semarang Sediakan 16 Ruang Laktasi

“GPM juga untuk memeriahkan peringatan HUT ke-79 Provinsi Jawa Tengah,” pungkasnya. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN