26.4 C
Semarang
, 19 September 2024
spot_img

Pemerintah Kabupaten Grobogan Raih Penghargaan UHC: Jaminan Kesehatan bagi Seluruh Warga

Grobogan, Jatengnews.idPemerintah Kabupaten (Pemkab) Grobogan berhasil mengukir prestasi dalam upaya menjamin kesehatan warganya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Grobogan, Anang Armunanto, S.Sos., M.Si., mewakili Bupati Grobogan, menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) kategori Pratama di The Krakatau Grand Ballroom, TMII Jakarta. Penghargaan ini menjadi bukti komitmen Grobogan dalam memberikan jaminan kesehatan yang merata bagi seluruh penduduknya.

Baca juga : Bupati Grobogan Bagikan Bendera Merah Putih Dalam Rangka Peringatan HUT RI ke-79

Penghargaan UHC ini diberikan kepada pemerintah daerah yang berhasil mencapai target cakupan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di atas 98% dari total penduduk, sesuai dengan target yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Kabupaten Grobogan menjadi salah satu dari 460 kabupaten/kota di Indonesia yang menerima penghargaan ini, dengan cakupan peserta JKN yang mencapai 100,50%.

Pencapaian Grobogan ini tidaklah datang begitu saja. Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemkab Grobogan untuk memastikan seluruh warganya terdaftar sebagai peserta JKN. Pada tanggal 1 Agustus 2024, Grobogan resmi mencapai status UHC dengan jumlah peserta JKN sebanyak 1.525.651 jiwa, melebihi total penduduknya yang berjumlah 1.517.987 jiwa. Hal ini berarti BPJS Kesehatan Grobogan telah berhasil menjamin kesehatan seluruh penduduknya dalam Program JKN, sebuah pencapaian yang langka dan patut diapresiasi.

Menko PMK RI, Muhadjir Effendi, dalam sambutannya, menegaskan bahwa UHC merupakan salah satu target Sustainable Development Goals (SDG) yang dicanangkan oleh WHO, dengan target tercapai pada tahun 2030. 

“Jaminan kesehatan merupakan bagian dari skema perlindungan sosial dan strategi pengurangan beban dalam rangka penghapusan kemiskinan ekstrem,” ujar Muhadjir dikutip dari laman resmi Pemkab Grobogan, Sabtu (10/08/2024).

Ia juga menambahkan bahwa UHC di Indonesia diwujudkan melalui penyelenggaraan Kartu Indonesia Sehat (KIS), sebagai bentuk tanggung jawab negara untuk memastikan setiap penduduk mendapatkan hak yang sama dalam pelayanan kesehatan.

Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin, yang turut hadir dalam acara tersebut, menekankan pentingnya sinergi antara BPJS, kementerian, dan pemerintah daerah dalam mewujudkan UHC. “Saya harap penghargaan ini menjadi motivasi bagi Pemda untuk terus menyempurnakan cakupan kepesertaan aktif dan memastikan perlindungan kesehatan penduduk secara menyeluruh,” kata Ma’ruf Amin.

Baca juga : MUI Grobogan Gencarkan Pencegahan Judi dan Pinjol

Dengan penghargaan UHC Pratama ini, Kabupaten Grobogan menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan bagi seluruh warganya. Prestasi ini bukan hanya sekadar pengakuan, tetapi juga dorongan untuk terus menjaga dan memperluas akses kesehatan yang adil dan berkualitas. Sebagai daerah yang telah mencapai UHC, Grobogan menunjukkan bahwa komitmen yang kuat dan sinergi yang baik antara pemerintah dan masyarakat dapat menghasilkan perubahan nyata yang berdampak luas bagi kesejahteraan bersama. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN