25 C
Semarang
, 20 September 2024
spot_img

Cegah Gagap Teknologi, Tim II KKN UNDIP Kenalkan Fitur Control Parenting Melalui Aplikasi Google Play

Mahasiswa KKN Tim II UNDIP mengenalkan fitur control parenting melalui aplikasi google play.

Sukoharjo, JatengNews.id- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro mengenalkan fitur control parenting melalui aplikasi google play.

Hal itu disampaikan oleh mahasiswa KKN TIM II UNDIP saat bergabung dengan forum TP PKK Desa Mancasan, di Balai Desa Mancasan, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo, Kamis (18/7/2024).

Program Kerja yang diimami oleh Ulayya Putri Anggraini Mahasiswa Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, terintegrasi dari aplikasi Google Play. Pengenalan fitur Control Parenting merupakan upaya meningkatkan literasi digital pada anak.

Tujuan dari kegiatan tersebut untuk mengurangi masalah ketidakmampuan teknologi di kalangan orang tua terutama ibu-ibu.

Baca juga: Beri Penyuluhan Mengenai PMT, KKN UNDIP Desa Bawak Dorong Karang Taruna Aware Pasal Stunting

Antusias peserta dalam penyampaian materi oleh mahasiswa dinilai dapat membangun pemahaman orang tua dalam penggunaan teknologi dengan bijak yang dapat diturunkan pada anak, melalui pengawasan digital.

Fitur Control Parenting ini dirancang untuk membantu orang tua mengelola dan memantau aktivitas digital anak-anak mereka dengan lebih efektif. Sasaran daripada program tersebut meliputi berbagai kegiatan, termasuk, seminar, dan sesi pelatihan secara langsung dengan mengaktifkan fitur tersebut yang hanya bisa dioperasikan melalui handphone support by android.

Berangkat dari program kerja ini, diharapkan orang tua akan lebih percaya diri dalam menghadapi tantangan teknologi dan mampu menerapkan pengawasan yang lebih baik terhadap aktivitas digital anak-anak mereka.

Dengan adanya inisiatif dan inovasi yang di realisasikan, mahasiswa KKN TIM II UNDIP tidak hanya berkontribusi pada pengembangan keterampilan digital masyarakat, tetapi juga mendukung terciptanya lingkungan online yang lebih aman bagi anak-anak.

“Oalah ngene (seperti ini) to mbak, berarti ini bisa mencegah download-download aplikasi judi online dan game sex ya mba, yaa terima kasih,” tutur Bu Sujirah.

Kegiatan ini mendapat sambutan positif, dengan banyak peserta yang menyatakan rasa terima kasih dan pengakuan atas upaya para mahasiswa dalam meningkatkan pengetahuan mereka mengenai kontrol digital.

Diharapkan program kerja ini, dapat menjadi model bagi program-program serupa di masa depan dan membantu menjembatani kesenjangan teknologi di kalangan orang tua dan anak-anak.

Baca juga: Mahasiswa Tim II KKN UNDIP Beri Penyuluhan ‘Mengenal Pentingnya UU PKDRT’

Demikian informasi mengenai mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro mengenalkan fitur control parenting melalui aplikasi google play. Semoga bermanfaat. (07)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN