30 C
Semarang
, 20 September 2024
spot_img

Rayakan Momen HUT RI Wisudawan Udinus Kibarkan Bendera Merah Putih

Semarang, Jatengnews.id – Pada wisuda ke-81 Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), sebanyak 734 wisudawan merayakan kelulusan mereka dengan mengibarkan bendera merah putih, seiring dengan perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-79. Momen membanggakan ini dirayakan bersama orang tua atau wali para lulusan.

Dalam sambutannya, Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir Edi Noersasongko, M.Kom., menyampaikan bahwa tahun Udinus akan meluluskan lebih dari 2000 mahasiswa. Hal itu membuktikan bahwa sistem pembelajaran bisa berjalan tepat waktu dan dengan baik. 

Baca juga : Himpunan Mahasiswa DKV Udinus Sulap Desa Tuntang Jadi Desa Wirausaha

“Seperti yang diketahui, banyak para wisudawan Udinus yang memakai selempang cumlaude. Jadi kami mendorong dosen untuk membekali ilmu yang berkualitas untuk nantinya menjadi wirausahawan atau terjun ke dunia industri,” terangnya, Rabu (07/08/2024).

Rektor Udinus juga menyampaikan bahwa kibaran bendera merah putih memang bersamaan dengan momen perayaan HUT RI yang ke-79. Ungkapnya, hal itu juga membangun jiwa nasionalisme wisudawan Udinus yang nantinya menjadi penerus bangsa. 

“Bangsa kita sudah semakin maju, sekarang mau menempuh pendidikan di bidang apapun ada bahkan hingga tingkat profesor. Saya ucapkan selamat untuk para wisudawan yang nantinya akan mengangkat negara ini agar menjadi lebih hebat,” harap Prof. Edi.

Lulusan periode kali ini tersebar dari dari 20 Program Studi yang ada di Udinus. Secara rinci meluluskan mahasiswa dari 1 Program Doktoral, 2 Program Magister, 12 Program Sarjana, 3 Program Sarjana Terapan, dan 2 Program Diploma. Kegiatan sakral itu, diadakan di ruang Poncowati, Patra Semarang Hotel & Convention.

Selain lulus tepat waktu, wisudawan Udinus juga didorong untuk terus berinovasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Hal itu dibuktikan dengan prestasi terbaru Udinus sebagai perguruan tinggi terbaik ketiga di Indonesia pada bidang inovasi pemeringkatan Scimago Institutions Rankings (SIR) 2024. 

“SIR ini merupakan lembaga pemeringkatan akademik dan penelitian berkelas  internasional. Mereka melakukan penilaian berdasarkan tiga indikator yakni kinerja penelitian, hasil inovasi, serta dampak sosial melalui visibilitas website,” lanjut Prof Edi. 

Inovasi yang sudah dikenal masyarakat adalah Becak Listrik Kampus Udinus (Becik-KU), Robot Catur Kampus Udinus (Roca-KU), Robot Gamelan Sekar Nuswantoro, dan Gamelan Metaverse, E-Gamelanku, AR/VR Budhara, VR Museum dan masih banyak lagi. 

Pada kesempatan tersebut, hadir pula seluruh jajaran Udinus sebagai anggota senat. Serta Ketua Ikatan Alumni (IKA) Udinus, Mayor Jenderal TNI Drs. Nugroho Sulistiyo Budi, M.M., yang turut memberikan selamat kepada para wisudawan.

Salah satu wisudawan Program Sarjana Bahasa Inggris terbaik Udinus, Indira Majestica menyampaikan kesannya berkuliah di Udinus terasa menyenangkan dan dosen memberikan dukungan penuh untuknya. Udinus juga memiliki atmosfer yang baik untuk mengikuti organisasi mahasiswa, hingga kegiatan magang. 

Baca juga : Hadir di Udinus Bersholawat Habib Muhammad bin Farid Al-Muthohar Ajak Mahasiswa Hindari Hal Negatif

“Di Udinus saya belajar banyak soal public speaking dan lebih berani dan percaya diri komunikasi di depan umum. Dulu di organisasi saya Himpunan Mahasiswa Bahasa Inggris (HMBI) Udinus, saya belajar menjadi master of ceremony di acara kampus sampai akhirnya berani magang di media,” katanya. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN