25 C
Semarang
, 20 September 2024
spot_img

Mahasiswa Tim II KKN UNDIP Beri Pelatihan Bantuan Hukum di Pucangsawit

Mahasiswa Tim II KKN UNDIP beri pelatihan bantuan hukum di Desa Pucangsawit.

Surakarta, JatengNews.id- Mahasiswa Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro memberi pelatihan bantuan hukum di Desa Pucangsawit.

Kegiatan ini diinisiasi oleh mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, Ananda Fatima Rahmanita,  yang tengah menjalani KKN.

Ia berinisiatif menyelenggarakan pelatihan bantuan hukum berupa surat kuasa dan surat tanggapan somasi di kediaman Ibu Tawini RT. 002/RW. 012 Pucangsawit pada Minggu (21/07/2024).

Ia menjelaskan, seiring berkembangnya zaman, aspek-aspek dalam kehidupan manusia semakin kompleks, misalnya dalam aspek hukum.

Dalam ranah hukum khususnya hukum perdata, tidak jarang kita membutuhkan bantuan orang lain sebagai perwakilan untuk mengurus suatu urusan yang sifatnya umum sehingga kita membutuhkan yang namanya surat kuasa umum.

Baca juga: Manfaatkan Obat Keluarga, KKN Kolaboratif UIN Walisongo dan UIN SGD Adakan Program Tanam Toga di Green House KWT Batursari

Kemudian dalam kehidupan bermasyarakat sering dijumpai konflik antar tetangga, mulai dari konflik kecil-kecilan dengan melayangkan surat somasi hingga konflik besar yang berakhir di pengadilan.

Selain itu, saat melakukan kunjungan ke kediaman Ibu Ning, Ketua PKK RW. 012 Pucangsawit, beliau mengatakan bahwasanya hukum di masa sekarang telah banyak yang berubah.

“Hukum pada masa sekarang ini telah banyak mengalami perubahan sehingga kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang hukum perlu ditingkatkan lagi,” jelasnya.

Selain itu, Ananda sendiri mendalami peminatan Hukum Acara dan mengambil mata kuliah Kemahiran Bantuan Hukum, serta pernah menjalani kerja praktik pada Sub Bagian Bantuan Hukum di Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang.

Bermodalkan 2 hal tersebut, Ananda menyusun presentasi dan modul yang disertai contoh mengenai materi surat kuasa dan surat tanggapan somasi.

Adapun materi yang diberikan antara lain mengenai pengertian surat kuasa, jenis-jenis surat kuasa, terkhusus kuasa umum karena materi dan modul dalam penyuluhan hukum ini berfokus pada surat kuasa umum dan bagaimana cara membuat dan menggunakannya.

Kemudian terkait surat tanggapan somasi, materi yang diberikan meliputi pengertian surat somasi dan surat tanggapan somasi, kapan surat somasi dan surat tanggapan somasi diberikan, contoh surat somasi dan surat tanggapan somasi, serta modul pelatihan pembuatan surat tanggapan somasi.

Materi tersebut dipilih lantaran zaman yang semakin maju menyebabkan persoalan di masyarakat yang beraneka ragam. Dengan menguasai materi mengenai surat kuasa, masyarakat dapat membuat surat kuasa umum sederhana tanpa perlu merogoh kantong untuk biaya jasa konsultasi.

Kemudian dengan memahami surat tanggapan somasi secara komprehensif, masyarakat tidak perlu bingung apabila mendapatkan surat somasi dari pihak lawan.

Baca juga: Tim II KKN UNDIP Bersama Warga Desa Pojok Kompak Tangani Abrasi di Sungai Bengawan Solo Lewat Penanaman 300 Bibit Tanaman

Demikian informasi mengenai mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro memberi pelatihan bantuan hukum di Desa Pucangsawit. Semoga bermanfaat. (07)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN