Beranda Daerah Mahasiswa Tim II KKN UNDIP Lakukan Penyuluhan Sabun ‘Eco Clean’ Alternatif Sabun...

Mahasiswa Tim II KKN UNDIP Lakukan Penyuluhan Sabun ‘Eco Clean’ Alternatif Sabun Murah dan Ramah Lingkungan

Mahasiswa Tim II KKN UNDIP lakukan penyuluhan sabun “ECO CLEAN” alternatif sabun murah dan ramah lingkungan di Dukuh Pojok.

Tim II KKN UNDIP bersama warga Desa Dukuh Pojok dalam acara Penyuluhan Sabun ‘Eco Clean’ Alternatif Sabun Murah dan Ramah Lingkungan, (21/07/2024) (foto: dokumen pribadi)

Sukoharjo, JatengNews.id- Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro lakukan penyuluhan sabun “ECO CLEAN” alternatif sabun murah dan ramah lingkungan di Dukuh Pojok.

Kegiatan ini berlangsung di kediaman ibu RW 01 Dukuh Pojok dan dihadiri oleh ibu-ibu setempat, Minggu (21/07/2024).

Assyfa Widyawati, mahasiswa yang menginisiasi penyuluhan tentang pembuatan sabun eco clean, benar-benar memperhatikan permasalahan yang dimiliki kalangan ibu-ibu pada umumnya.

“Berguna untuk ibu-ibu sekalian karena setiap hari berhubungan dengan sabun. Produk ini dapat menghemat biaya pengeluaran dan ramah lingkungan. Bahan yang dibutuhkan juga murah dan dapat ditemukan di sekitar, seperti daun pandan dan jeruk nipis,“ respon dari salah satu ibu rumah tangga yang mengikuti penyuluhan.

Baca juga: Penguatan dan Pemberdayaan UMKM Tempe, Tim II KKN UNDIP Lakukan Pendampingan Pendaftaran NIB di Desa Sanggrahan

Kegiatan diawali dengan perkenalan apa itu sabun ramah lingkungan, lalu perkenalan bahan-bahan sabun dan dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan sabun.

Penyuluhan ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan pada sesi tanya jawab.

“Terimakasih untuk mahasiswa KKN yang sudah melakukan penyuluhan di Dukuh Pojok mengenai pembuatan sabun yang sangat inovatif, semoga dapat ditindak lanjuti oleh ibu-ibu Dukuh Pojok,” ujar Ibu Utami selaku ibu RW 01 Dukuh Pojok.

Assyfa juga menambahkan, selain lebih ramah lingkungan dan bahan yang dipakai mudah didapat, sabun ini mudah dibuat sendiri dan tentunya akan menghemat pengeluaran.

Dengan penyuluhan ini Mahasiswa dari TIM II KKN UNDIP itu juga berharap agar nantinya produk ini bisa dijadikan sebagai ide untuk membuka usaha baru.

Kegiatan ditutup dengan pembagian produk sabun eco clean ke seluruh masyarakat dan berfoto bersama.

Baca juga: KKN UIN Walisongo Adakan Pelatihan Desain Logo untuk UMKM di Kelurahan Pedalangan

Demikian informasi mengenai mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro lakukan penyuluhan sabun “ECO CLEAN” alternatif sabun murah dan ramah lingkungan di Dukuh Pojok. (07)

Exit mobile version