33 C
Semarang
, 20 September 2024
spot_img

Atletik Jateng Siap Penuhi Target Raihan Medali di PON Aceh Sumut

Semarang, Jatengnews.id Ā ā€“ Manajer cabang olahraga (cabor) atletik Jateng, Agus Widodo menegaskan, skuadnya siap tempur menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh Sumut 2024.

Atletik berkekuatan 22 atlet untuk memenuhi target dari KONI Jateng sebanyak tiga medali emas di multievent olahraga nasional tersebut.

Baca juga: Jelang PON Aceh Sumut, Tiga Atlet Sepatu Roda Jateng Try Out ke Kolombia

Agus Widodo yakin dengan kemampuan para atletnya untuk mencapai target tersebut.

“Atlet-atlet kita sudah menjalani latihan intensif selama beberapa bulan terakhir dan mereka dalam kondisi siap tempur,” ujar Agus Widodo belum lama ini.

Keyakinan Agus didasari performa gemilang para atletnya di berbagai kejuaraan nasional Jatim Open dan Jateng Open, serta kejuaraan internasional. Beberapa di antaranya bahkan telah menunjukkan potensi meraih medali emas di PON Aceh Sumut.

Agus menjelaskan, tiga nomor yang dibidik untuk menyumbangkan medali emas yakni Lempar Cakram Putri lewat atlet Wahyu Nuraini.

Lempar Lembing Putri atas nama Attina Nur Khamila yang juga pemegang medali emas di PON Papua. Selanjutnya Irfan Tony Saputro dari nomor tolak peluru.

ā€œIrfan Tony menjadi tumpuan medali emas. Dia peraih emas di PON Papua. Dari hasil Jatim Open, Irfan Tony juga meraih medali emas,ā€ tutur Agus Widodo.

Selanjutnya dari nomor Estafet Putri 4×100 Meter. Tim estafet putri Jateng menjadi kekuatan tradisional di PON dan diharapkan dapat kembali menyumbangkan medali emas.

Estafet putri Jateng berkekuatan Liviana Rizki, Bektiningsih Primadianfitri, Florencia Amanda, dan Fabiola Franselina.

ā€œSkuad estafet putri ini juga pemegang medali emas di PON Papua. Kami harapkan medali emas bisa kembali diraih di PON Aceh Sumut,ā€ kata Agus.

Selain medali emas, beberapa atlet juga diprediksi akan menyumbang medali untuk atletik, yakni Galih Yoga (lempar cakram), Fani Setiawan (Mix), estafet 4×100 meter putra, dan lari jarak menengah.

Agus berharap para atletnya dapat tampil maksimal dan mengharumkan nama Jawa Tengah di PON XXI Aceh-Sumut 2024.

“Kami mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Jawa Tengah untuk para atlet bisa memberikan prestasi dan memenuhi target 3 medali emas,” tuturnya.

Sementara Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Pengprov Jawa Tengah, Rumini, optimistis bisa memenuhi target KONI.

Dia mengatakan, persiapan atlet hingga pekan ini sudah siap mengikuti lomba.

ā€œSeluruh atlet dalam kondisi bagus. Pekan ini ada tes terakhir untuk mengukur prestasi atlet sebelum ke PON,ā€ ucap Rumini saat dihubungi, Senin 5 Agustus 2024.

ā€œSemoga target tidak meleset di PON Aceh Sumut mendatang. Harapan dan doa kami, sesuai target dari KONI Jateng, dan semoga bisa menambah emas dari yang telah ditargetkan,ā€ sambung Rumini.

Sekadar informasi, Attina Nur Khamila adalah peraih medali emas PON XX Papua 2021 dengan lemparan sejauh 51,26 meter. Lemparan tersebut sekaligus memecahkan rekor PON atas nama Ni Ketut Mudiani (Bali) 47,70 meter pada 27 Juni 2000.

Baca juga: Wushu Jateng Datangkan Lindswell Kwok, Nomor Taolu Diharapkan Sumbangkan Emas di PON Aceh Sumut

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana, mengatakan, KONI telah memberikan semua kebutuhan yang diperlukan oleh tim atletik, termasuk peralatan latihan, vitamin, dan tim psikolog

“Kami yakin dengan kemampuan para atlet atletik Jateng dan kami optimistis mereka dapat mencapai target yang telah ditetapkan,” kata Bona Ventura.

Bona berharap para atlet dapat fokus berlatih dan menjaga kondisi fisiknya dengan baik agar dapat tampil maksimal di PON Aceh Sumut. (02)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN