Beranda Daerah Penguatan dan Pemberdayaan UMKM Tempe, Tim II KKN UNDIP Lakukan Pendampingan Pendaftaran...

Penguatan dan Pemberdayaan UMKM Tempe, Tim II KKN UNDIP Lakukan Pendampingan Pendaftaran NIB di Desa Sanggrahan

Mahasiswa KKN Tim II Undip 2024 memberikan pemahaman kepada warga Desa Sanggrahan, khususnya para penggiat UMKM Tempe mengenai pentingnya memiliki NIB.

Mahasiswa KKN Tim II Undip 2024 melakukan proses Serah Terima NIB yang sudah dicetak kepada perwakilan para penggiat UMKM Tempe (27/07/2024) (foto: dokumen pribadi)

Sukoharjo, JatengNews.id– Mahasiswa KKN Tim II Undip 2024 memberikan pemahaman kepada warga Desa Sanggrahan, khususnya para penggiat UMKM Tempe mengenai pentingnya memiliki NIB, Sabtu (27/07/2024).

Desa Sanggrahan terletak di Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo. Di desa Sanggrahan terdapat banyak sekali penggiat UMKM tempe yang bahkan beberapa UMKM tersebut merupakan warisan dari beberapa generasi sebelumnya.

Banyaknya UMKM Tempe di desa Sanggrahan menjadikan tempe sebagai salah satu ikon dan produk unggulan Desa Sanggrahan.

Baca juga: Tim II KKN UNDIP Gelar Program Pelatihan dan Sosialisasi Pendaftaran Izin Usaha bagi UMKM di Kelurahan Cangakan

Bahkan dalam rangka memperingati HUT RI ke-78 dilakukan kirab dengan membawa gunungan tempe ke Ketahanan Pangan Desa Sanggrahan dan dalam rangka memperingati HUT RI ke-79 kabarnya kirab membawa gunungan tempe akan kembali dilaksanakan.

Tidak hanya memberikan pemahaman mengenai pentingnya memiliki NIB dan beragam manfaat memiliki NIB, kontribusi yang diberikan kepada para penggiat UMKM Tempe di Desa Sanggrahan adalah dengan mendampingi dan membimbing mereka dalam pembuatan NIB secara langsung melalui kerjasama dengan DPMPTSP Kabupaten Sukoharjo.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi dan pendampingan ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman baru serta dapat mewujudkan keinginan para penggiat UMKM Tempe untuk memiliki NIB.

Harapannya dengan memiliki NIB akan membantu para penggiat UMKM Tempe menjadi lebih meyakinkan di mata konsumen, memiliki legalitas hukum yang jelas, dipermudah saat mengajukan pinjaman untuk memperbesar usahanya, memperoleh berbagai bantuan dari program pemerintah dan sebagainya.

Baca juga: Mahasiswa Tim II KKN UNDIP Gunakan Snake and Ladder untuk Ajak Anak SD Belajar Inggris yang Lebih Interaktif

Demikian informasi mengenai mahasiswa KKN Tim II Undip 2024 memberikan pemahaman mengenai pentingnya memiliki NIB. Semoga bermanfaat. (07)

Nama: Fariza Oktari (Fakultas Hukum Universitas Diponegoro)
Dosen Pembimbing Lapangan: Priyo Sidik Sasongko, S.Si., M.Kom.

Exit mobile version