33 C
Semarang
, 22 October 2024
spot_img

Sikap Gerindra di Pilwakot Semarang Dinanti, 2 atau 3 Poros?

Semarang, JatengNews.id – Berikut sikap Partai Gerindra terkait menghadapi Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Semarang di Pilkada 2024.

Saat ini Partai Gerindra belum menentukan arah politik untuk Pilwakot Semarang 2024. Partai berlambang burung garuda itu telah melakukan penjajakan secara tertutup terhadap sejumlah bakal calon.

Diperkirakan 3 Agustus atau 4 Agustus 2024, Partai Gerindra akan menentukan sikap di Pilwakot Semarang. 2 atau 3 poros?.

Baca juga: Jelang Pilwakot Semarang 2024, Warga Berharap Pemimpin Paham Karakter Masyarakat dan Putra Asli Daerah

Ketua Desk Pilkada DPC Partai Gerindra Kota Semarang, Joko Santoso mengatakan, baru mendapat arahan dari Ketua DPD Gerindra Jateng, Sudaryono, dalam konsolidasi persiapan pilkada 2024. Pada prinsipnya, Partai Gerindra tetap mengambil peran dalam Pilkada Kota Semarang.

“Kami tetap mengambil peran, apakah wali kota atau wakil wali kota. Jadi, mengutamakan kader untuk ikut berkontestasi di Pilkada 2024,” jelas Joko, usai konsolidasi.

Joko menyebut, peta politik di Kota Semarang sejauh ini ada tiga poros, yaitu Koalisi Semarang Maju yang telah deklarasi mengusung Yoyok Sukawi, Golkar-PSI yang mengusung Dico Ganinduto, dan PDI Perjuangan. Sejuah ini, ungkapnya, semua poros masih sama. Pihaknya brlum condong ke salah satu poros.

“Semua poros kita ada komunikasi. Posisi masih sama semua masih memungkinan di tiga poros itu,” katanya.

Sebelumnya, Gerindra sempat bertemu dengan Dico Ganinduto. Menanggali pertemuan itu, joko mengatakan, itu merupakan pertemuan komunikasi seperti biasa.

“Komunikasi datar saja. Tiga poros itu salah satunya Dico,” ucapnya.

Terkait komunikasi dengan petahana yang sebelumnya dilakukan penjajakan, Joko mengaku, pihaknya komubikasi dengan partainya yakni PDI Perjuangan sebagai salah satu poros yang muncul pada peta politik Pilwakot Semarang 2024.

Diketahui, Koalisi Semarang Maju yang telah deklarasi mengusung Yoyok Sukawi ada 20 kursi. Kemudian, Golkar-PSI yang direncanakan mengusung Dico Ganinduto baru 9 kursi. Sementara, PDI Perjuangan memiliki 14 kursi. Secara aturan, PDI Perjuangan bisa berdiri sendiri mengusung pasangan calon.

Baca juga: Pengamat Politik Sebut Dico Terjun Bebas di Pilwalkot Semarang, Yoyok Melenggang, PDIP Mencari Sosok

Kini, Gerindra masih belum mentukan arah politik. Menanggapi Gerindra menjadi kunci pada peta politik di Semarang, Joko pun menyerahkan sepenuhnya kepada penilaian publik.

“Saya itu, kalau orang menilai, silakan menilainya seperti apa,” ucapnya.

Joko menambahkan, keputusan Gerindra untuk Pilwakot Semarang akan keluar sekira 3 Agustus atau 4 Agustus mendatang..

Demikian informasi, sikap Partai Gerindra terkait menghadapi Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Semarang di Pilkada 2024. (01)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN