31 C
Semarang
, 20 September 2024
spot_img

KKN UIN Walisongo Kolaborasi dengan KKN UIN Saizu Ikut Lestarikan Tradisi Sedekah Bumi di Desa Kemligi

Mahasiswa KKN MB Kolaboratif Posko 97 UIN Walisongo dan UIN Saizu ikut acara sedekah Bumi.

JatengNews.id– Mahasiswa KKN MB Kolaboratif Posko 97 UIN Walisongo Semarang dan UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto (Saizu) Purwokerto ikut acara sedekah Bumi.

Acara tersebut digelar di pintu air Desa Sendang, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, Jumat (12/7/2024).

Acara yang dimulai ini dihadiri oleh masyarakat Desa Kemligi dan dipimpin oleh Kepala Desa Kemligi, Bapak Karbolah.

Acara diawali dengan sambutan dari bapak Kepala Desa, yang kemudian dilanjutkan dengan doa bersama. Puncak acara tersebut adalah makan bersama, di mana desa menyumbangkan satu ekor kambing sebagai bagian dari tradisi ini.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi serta sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat desa atas nikmat yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Baca juga: Kolaborasi dengan Thamavitya Mulniti School, UIN Walisongo Gelar KKN Internasional Tahun 2024 di Yala Thailand

Dalam sambutannya, Bapak Karbolah mengucapkan terima kasih atas partisipasi masyarakat dan juga kepada mahasiswa KKN yang telah membantu memeriahkan acara tersebut.

“Saya berterima kasih kepada masyarakat desa yang sudah ikut hadir pada acara pagi hari ini dan juga tidak lupa mahasiswa KKN yang ikut membantu memeriahkan acara ini. Saya berharap tradisi seperti ini dapat terus dilestarikan dari waktu ke waktu karena ini merupakan salah satu kearifan lokal yang kita miliki,” ujarnya.

Koordinator desa tim KKN MB Kolaboratif Posko 97 Ridho mengungkapkan rasa terima kasih karena dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Kami sangat senang karena dapat ikut serta dalam acara Sedekah Bumi ini. Melalui kegiatan ini, kami sebagai mahasiswa KKN diharapkan dapat belajar menghargai dan melestarikan tradisi-tradisi lokal yang ada,” kata Ridho.

Baca juga: Lestarikan Budaya Tanpa Meninggalkan Agama, KKN UIN Walisongo adakan Ngaji Budaya

Demikian informasi mengenai mahasiswa KKN MB Kolaboratif Posko 97 UIN Walisongo Semarang dan UIN Saizu Purwokerto ikut acara sedekah Bumi. (07)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN