Beranda Daerah Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Cegah Stunting, Tim II KKN Undip Gelar Edukasi dan...

Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Cegah Stunting, Tim II KKN Undip Gelar Edukasi dan Skrining Stunting di Desa Kacangan

Mahasiswa KKN TIM II Undip ikut serta dalam upaya atasi stunting dengan gelar edukasi dan skrining stunting di Desa Kacangan

Edukasi dan skrining pencegahan stunting yang dilakukan mahasiswa KKN Tim II Undip di Desa Kacangan, (16/07/2024) (foto: dokumen pribadi)

Sragen, JatengNews.id– Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro 2023/2024 ikut serta dalam upaya mengatasi stunting dengan gelar edukasi dan skrining stunting di Desa Kacangan Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Selasa (16/07/2024).

Kegiatan ini didasarkan pada kebutuhan yang didapatkan dari data anak-anak yang tergolong dalam kategori stunting di Desa Kacangan, Kecamatan Sumberlawang.

Dalam kehidupan sehari-hari, stunting merupakan masalah yang seringkali dihadapi oleh anak-anak di berbagai belahan dunia, tidak terkecuali di Indonesia.

Stunting ditandai dengan tinggi badan yang lebih pendek dari standar yang seharusnya sesuai dengan usia anak, dan dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik, kognitif, dan sosial anak, serta meningkatkan risiko terhadap penyakit kronis di masa dewasa.

Hal ini sering kali terkait dengan pola makan yang tidak seimbang dan kurangnya akses terhadap gizi yang memadai.

Baca juga: Tim II KKN Undip Hidupkan Kembali Posyandu Remaja Desa Kacangan Setelah Sekian Lama Tidak Terealisasi

Dalam upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya mencegah dan mengatasi stunting, penting untuk meningkatkan akses terhadap gizi yang mencukupi, perawatan kesehatan yang baik sejak awal kehidupan, dan kondisi lingkungan yang mendukung tumbuh kembang optimal anak.

Hal itu yang mendorong sejumlah mahasiswa KKN TIM II dari Universitas Diponegoro melakukan edukasi dan skrining stunting di Desa Kacangan. Berdasarkan hasil skrining dari warga Desa Kacangan, diketahui bahwa minimnya pengetahuan tentang penanganan stunting itu sendiri.

Mahasiswa KKN TIM II Undip 2023/2024 melihat bahwa antusiasme warga Desa Kacangan sangatlah tinggi dalam artian peduli dan ingin sekali mengikuti pemberdayaan yang dilakukan oleh Mahasiswa. Alasan yang tidak dapat dipungkiri yaitu bahwa berdasarkan data, Desa Kacangan termasuk kategori dengan stunting yang menengah ke tinggi.

Untuk itu Kelompok KKN yang ditugaskan di desa Kacangan ini memberikan berbagai hal penting yang perlu perhatikan baik-baik oleh orang tua anak yang berada di Desa Kacangan.

Pemberian edukasi mengenai stunting ini berupa penjelasan tentang stunting itu sendiri, skrinning dini anak stunting, pengetahuan mengenai MPASI sebagai kiat pemenuhan gizi bagi anak.

Pengetahuan akan stunting yang sudah diberikan oleh tim KKN yang berada di Desa Kacangan ini mendapatkan respon yang baik, tidak hanya kelompok KKN Desa Kacangan saja tetapi terdapat suatu kolaborasi yang melibatkan kader-kader kesehatan posyandu setempat.

Dengan terlibatnya para kader Kesehatan, harapannya terdapat unsur keberlanjutan tentang pencegahan dan penanganan stunting untuk wilayah Desa Kacangan, Kec. Sumberlawang, Kab. Sragen terkhususnya.

Baca juga: Tim II KKN Undip Mengubah Limbah Organik Jadi Eco-Enzyme di Desa Kacangan

Demikian informasi mengenai mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro 2023/2024 ikut serta dalam upaya mengatasi stunting di Desa Kacangan, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen. (07)

Exit mobile version