Beranda Daerah Tim II KKN Undip Hidupkan Kembali Posyandu Remaja Desa Kacangan Setelah Sekian...

Tim II KKN Undip Hidupkan Kembali Posyandu Remaja Desa Kacangan Setelah Sekian Lama Tidak Terealisasi

Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2024 menghidupkan kembali Posyandu Remaja di Desa Kacangan setelah lama tidak berjalan.

Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2024 adakan Posyandu Remaja di Desa Kacangan, (18/07/2024) (foto: dokumentasi pribadi)

Sragen, JatengNews.id- Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2024 menghidupkan kembali kegiatan Posyandu Remaja untuk pertama kalinya di Desa Kacangan setelah lama tidak berjalan.

Kegiatan tersebut berlangsung di Desa Kacangan pada Kamis (18/07/2024).

Didalamnya terdapat kegiatan “Remaja Ceria, Bebas Anemia : Pemberdayaan Remaja Tentang Anemia di Posyandu Remaja” yang berasal dari inisiatif Arkhan Meidy Hernawan, Mahasiswa KKN dari program studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro.

Kegiatan ini merupakan kegiatan kolaborasi antara Tim Mahasiswa KKN dan Pemerintah Desa Kacangan. Selain itu juga peran aktif oleh Ibu-Ibu Kader Kesehatan Desa Kacangan.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk menginisiasi kembali Posyandu Remaja di Desa Kacangan serta melakukan pemberdayaan kepada remaja-remaja Desa Kacangan tentang Anemia yang juga menjadi salah satu persoalan yang menjadi fokus pemerintah untuk diatasi pada remaja.

Baca juga: Tim II KKN Undip Sowan Program Multi-disiplin Tingkatkan UMKM di Desa Jimus

Luar biasanya kegiatan ini menarik antusiasme yang sangat tinggi remaja-remaja Desa Kacangan ,kurang lebih terdapat 76 remaja dari seluruh penjuru Desa Kacangan yang menghadiri kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Kacangan baru-baru ini. Kegiatan ini dikemas dengan menarik tidak hanya materi-materi saja, tetapi juga terdapat aktifitas menarik dan terdapat games berhadiah pula.

Kegiatan diawali dengan skrinning kesehatan bagi remaja, mulai dari pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar lengan,dan lingkar panggul.

Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan terkait Anemia oleh Arkhan Meidy Hernawan yang juga disertai dengan Pre dan Post Test tentang materi, sehingga dapat mengukur peningkatan pengetahuan dari remaja Desa Kacangan tentang Anemia.

Setelah di evaluasi, hasilnya terdapat peningkatan nilai dari mayoritas seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan aktifitas membuat gelang dan cincin dari manik-manik serta games berhadiah yang sangat antusias diikuti oleh peserta.

Harapannya dengan Posyandu Remaja yang dikemas dengan menyenangkan dan tidak membosankan dapat menarik antusiasme remaja untuk mengikuti kegiatan Posyandu Remaja di Desa Kacangan berikut-berikutnya.

Sehingga inisiasi yang dilakukan oleh Tim Mahasiswa KKN Tim 2 Universitas Diponegoro, terkhusus dari Desa Kacangan tidak sia-sia dan dapat dilanjutkan oleh Pemerintah Desa bersama dengan Ibu Bidan Desa serta Ibu Kader-Kader Kesehatan.

Baca juga: Tim II KKN Undip Langsungkan Edukasi Asas Luber Jurdil Jelang Pilkada Kelurahan Cangakan 2024 Lebih Berkualitas

Demikian informasi mengenai mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2024 menghidupkan kembali Posyandu Remaja di Desa Kacangan setelah lama tidak berjalan. (07)

Exit mobile version