Beranda Daerah KKN Tim II Undip Gelar Acara Peningkatan Skill Antropometri Kader Kesehatan Posyandu...

KKN Tim II Undip Gelar Acara Peningkatan Skill Antropometri Kader Kesehatan Posyandu Desa Kacangan

Mahasiswa KKN Tim 2 Universitas Diponegoro menyelenggarakan kegiatan “Pemberdayaan Kader Kesehatan Posyandu Terkait Antropometri Bayi dan Anak”,

KKN tim II Undip gelar Acara Peningkatan Skill Antropometri Kader Kesehatan Posyandu Desa Kacangan,Rabu (19/07/2024) (foto: dokumentasi pribadi)

JatengNews.id- Mahasiswa KKN tim II Universitas Diponegoro menyelenggarakan kegiatan “Pemberdayaan Kader Kesehatan Posyandu Terkait Antropometri Bayi dan Anak”, Jumat (19/07/2024).

Kegiatan ini merupakan inisiatif Arkhan Meidy Hernawan, mahasiswa KKN dari program studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro berdasarkan permasalahan yang telah diamati dan ditemukan secara langsung.

Kegiatan ini merupakan sebuah kegiatan penyegaran pengetahuan melalui peningkatan skill Antropometri Bayi & Anak yang dilakukan Ibu-Ibu Kader Kesehatan saat menjalani Posyandu Balita.

Berdasarkan pengamatan lapangan, ditemui kesulitan-kesulitan dan beberapa kesalahan tentang pelaksanaan antropometri bayi & anak pada balita.

Baca juga: KKN UIN Walisongo Gelar Workshop Pembuatan Sabun Cuci Piring Ramah Kulit di Kelurahan Pedalangan

Kesalahan tersebut dimungkinkan memang kurangnya pengetahuan tentang bagaimana prosedur yang benar untuk melaksanakan kegiatan tersebut, hal tersebut juga dibenarkan oleh penanggung jawab yaitu Ibu Nina selaku Bidan Desa Kacangan.

Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 42 Ibu Kader Kesehatan atau dapat dikatakan kehadiran 100% dalam kegiatan ini.

Kegiatan diawali dengan pertemuan rutin kader kesehatan membahas tentang data-data dan keperluan kegiatan kesehatan desa, kemudian dilanjutkan pemaparan materi tentang Antropometri Bayi & Anak oleh Arkhan Meidy Hernawan menggunakan media Powerpoint dan Buku Ajar yang telah dibagikan ke seluruh Ibu Kader Kesehatan.

Selama pelaksanaan kegiatan ini, Ibu Kader Kesehatan sangat aktif dengan memperhatikan presentasi dan sesekalo sembari mencatat pada Buku Ajar yang telah diberikan.

Selain itu juga, terdapat praktek bagaimana melakukan pengukuran secara langsung dan mencontohkan pengisian kurva antropometri sehingga dapat lebih membuat Ibu Kader Kesehatan memahami apa yang telah disampaikan oleh tim Mahasiswa KKN.

Harapannya dengan sedikit pengetahuan yang bisa diberikan oleh Tim Mahasiswa KKN dapat meningkatkan keterampilan antropometri bayi & anak Ibu Kader Kesehatan Desa Kacangan dalam kontribusi upaya peningkatan kualitas Posyandu Balita yang terselenggara di Desa Kacangan agar dapat lebih tepat dan efektif dalam deteksi dini masalah gizi pada balita yang ada di Desa Kacangan.

Baca juga: Tim II KKN Undip Hidupkan Semangat Pengajaran SIBAGO melalui Inisiatif Kreatif

Demikian informasi mengenai mahasiswa KKN Tim 2 Universitas Diponegoro gelar kegiatan “Pemberdayaan Kader Kesehatan Posyandu Terkait Antropometri Bayi dan Anak”. (07)

Exit mobile version