Beranda Daerah Tim II KKN Undip Lakukan Koordinasi Program dengan Perangkat Desa Susukan Pemalang

Tim II KKN Undip Lakukan Koordinasi Program dengan Perangkat Desa Susukan Pemalang

Mahasiswa tim II KKN UNDIP Desa Susukan mengadakan rapat koordinasi program KKN dengan segenap perangkat desa Susukan.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Undip Desa Susukan mengadakan rapat koordinasi program KKN, Senin (15/07/2024) (foto: dokumentasi pribadi)

Pemalang, JatengNews.id- Mahasiswa tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) Undip Desa Susukan mengadakan rapat koordinasi program KKN dengan segenap perangkat desa Susukan, Senin, (15/07/2024).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari penyusunan rancangan program berdasarkan kegiatan observasi lapangan yang telah dilakukan selama kurun waktu 5 hari pasca penerjunan tim KKN Desa Susukan.

Kegiatan yang dilaksanakan di kantor balai desa Susukan telah dihadiri oleh  perangkat desa dan seluruh anggota tim KKN Desa Susukan yang berjumlah sembilan orang mahasiswa.

Rapat koordinasi dibuka dengan sambutan oleh Bapak Irfanudin selaku Kepala Desa Susukan.

Baca juga: KKN UIN Walisongo Gelar Sosialisasi Strategi Digital Marketing untuk Tingkatkan Pemasaran UMKM di Desa Banyuurip

Dalam sambutannya, beliau mewakili segenap perangkat dan masyarakat Desa Susukan menyambut hangat kedatangan tim KKN UNDIP untuk melaksanakan kegiatan KKN dan berkolaborasi dengan program-program yang ada di desa.

Berikutnya, Ia memaparkan monografi desa secara singkat dilanjut dengan mempersilahkan tim KKN UNDIP untuk memaparkan rencana program.

Pemaparan rencana program KKN dibuka oleh Koordinator Desa (Kordes) dengan memperkenalkan seluruh anggota tim KKN UNDIP yang ditempatkan di Desa Susukan.

Kordes memaparkan rencana program multidisiplin yang menyasar salah satu unit Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), yaitu Kolam Renang Susukan Era Baru Nuansa Indah (SERUNI).

Bentuk program yang direncanakan meliputi perbaikan manajemen pengelolaan kolam, pengoptimalan produk usaha, penambahan prasarana pendukung, dan peningkatan branding dan marketing BUMDES Kolam Renang SERUNI.

Pemaparan dilanjutkan dengan penyampaian rencana program revitalisasi budaya lokal Desa Susukan yaitu Tari Gonor melalui skema perencanaan yang telah didiskusikan bersama dengan tokoh masyarakat setempat.

Paparan rencana program monodisiplin disampaikan oleh setiap anggota tim KKN UNDIP.

Setidaknya terdapat 18 rencana program monodisiplin yang telah disampaikan oleh setiap anggotanya. Seluruh rencana program tersebut mendapatkan respon positif dari Kepala Desa Susukan.

“Rencana program yang telah dibuat akan ditindaklanjuti melalui forum diskusi lanjutan untuk selanjutnya disesuaikan dengan program yang ada di desa,” ujar Irfanudin.

Sebelum menutup rapat koordinasi, Bapak Irfanudin Kepala Desa Susukan menghimbau agar seluruh anggota tim KKN UNDIP dapat menjalankan program-progam yang telah direncanakan dengan sepenuh hati dan bertanggung jawab.

Baca juga: KKN UIN Walisongo Semarang Gelar Pelatihan Digital Marketing untuk UMKM Desa Sambongsari

“Melalui rapat koordinasi ini diharapkan tim KKN UNDIP dan pihak desa dapat berkolaborasi untuk mengatasi permasalahan dan mengoptimalkan potensi yang ada di Desa Susukan,” ungkapnya.

Demikian informasi mengenai mahasiswa KKN UNDIP Desa Susukan mengadakan rapat koordinasi program KKN dengan segenap perangkat desa Susukan. Semoga bermanfaat. (07)

Exit mobile version