Beranda Pendidikan SCU Lahirkan 3 Srikandi Guru Besar, Berikut Profilnya!

SCU Lahirkan 3 Srikandi Guru Besar, Berikut Profilnya!

Rektor SCU berfoto bersama dengan 3 Srikandi Guru Besar usai dikukuhkan melalui Rapat Senat Terbuka di Theater Thomas Aquinas, Kampus 1 SCU Bendan, Sabtu, 20 Juli 2024 hari ini. (Foto: dok/SCU)

Semarang, JatengNews.id – Soegijapranata Catholic University atau SCU Semarang berhasil mengukuhkan 3 Srikandi Guru Besar tahun 2024.

3 Srikandi Guru Besar yang berhasil dikukuhkan atau dilahirkan yakni, Prof. Dr. Berta Bekti Retnawati, S.E., M.Si. dan Prof. Dra. MY. Dwi Hayu Agustini, MBA., Ph.D. yang sama-sama dari Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Ketiga, Prof. Dr. Dra. Endang Widyorini, MS. bidang Psikologi dari Fakultas Psikologi (FPsi).

3 Srikandi Guru Besar SCU ini berhasil dikukuhkan melalui Rapat Senat Terbuka yang diselenggarakan di Theater Thomas Aquinas, Kampus 1 SCU Bendan, Sabtu, 20 Juli 2024 hari ini.

Baca juga: SCU Cetak 3 Guru Besar Bidang Psikologi dan Bidang Menajemen

Rektor SCU Dr Ferdinandus Hindiarto mengatakan, melahirkan guru besar merupakan tanggungjawab kampus.

“Jika kampus tak melahirkan guru besar, ya mandul (kurang terasa manfaatnya-red),” kata Ferdi.

Ia mengatakan, dalam kepemimpinannya menargetkan 10 guru besar baru. Saat ini sudah tercetak 4 guru besar baru.

“Ada pula Sembilan kandidat guru besar yang sedang diproses di LLDIKTI,” ujarnya.

Menurutnya, untuk meraih guru besar, memang tidak mudah. Dosen harus fokus dan pantang menyerah. Begitu juga para guru besar yang hari ini, mereka mengalami dinamika pahit manis meraih guru besar.

“Butuh ketekunan dan daya tahan yang luar biasa. Seperti bu Berta, kayaknya berkasnya dikembalikan lima kali, revisi dan lain-lain,” terang dia.

Memotivasi

Dia berharap dengan dikukuhkannya tiga guru besar ini memicu para dosen lain guna meraih jabatan guru besar. Dia sudah berpesan kepada jajarannya, bagi dosen yang akan meraih guru besar, agar waktu atau beban mengajar dikurangi. Dengan maksud agar dosen tersebut bisa fokus meraih jabatan guru besar.

“Dari momentum ini, ternyata bisa lho meraih guru besar. Nanti yang akan meraih guru besar, jam ngajar akan dikurangi. Bebannya akan diserahkan ke dosen lain,” tandasnya.

Profil Singkat

Menjadi Guru Besar Bidang Ilmu Psikologi, Prof Endang aktif mengajar baik di Program Sarjana (S1) maupun Magister (S2) Psikologi di FPsi SCU. Pengabdian di Kampus Ungu pun ia jalani sejak 1987.

Prof Endang banyak terlibat diberbagai organisasi psikologi, seperti Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) dan Asosiasi Psikologi Sekolah Indonesia (APSI).

Saat ini pun, ia masih aktif sebagai Dewan Pakar dan Penasehat Ikatan Psikologi Klinis Jawa Tengah HIMPSI.

Baca juga: SCU Adakan Kuliah Umum dengan Bank Jateng, Ajak Mahasiswa Melek Inovasi

Sementara, Prof Berta saat ini menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni SCU. Prof Berta menilai lahirnya guru besar baru merupakan bentuk kontribusi nyata institusinya.

“Menjadi momen yang baik dan sangat mensyukuri. Penanda SCU bergerak dengan memberikan kontribusi yang lebih banyak lewat guru besar. Semoga menjadi jalan yang luas untuk lebih berkontribusi di daerah walaupun nasional,” harap Prof Berta.

Sejalan dengan itu, SCU terus mendorong percepatan jabatan fungsional/akademik dosennya melalui Pusat Akselerasi Jabatan Akademik/Fungsional (AJAFA) SCU. Tahun ini pun SCU menargetkan akan mencetak 7 guru besar lainnya sampai tahun depan.

Demikian informasi, Soegijapranata Catholic University atau SCU Semarang berhasil mengukuhkan 3 Srikandi Guru Besar tahun 2024. (01)

Exit mobile version