Karanganyar, Jatengnews.id – Polres Karanganyar berhasil meraih penghargaan untuk kategori pelayanan prima peringkat tingkat Mabes.
Penghargaan tersebut diserahkan langsung Kemenpan RB bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada Kapolres Karanganyar, Jerrold Hendra Kumontoy, di Astor Bollrooom The St. Regis Jakarta, Jarawali Place, Jl. H.R. Rasuna Said Kav B/4 Setiabudi, Jakarta Selatan.
Dalam siaran pers yang diterima wartawan, Jumat (12/7/2024) Kapolres Karanganyar, AKBP Jerrold Hendra Kumontoy mengatakan, penghargaan ini merupakan sebuah pengakuan atas dedikasi dan kerja keras seluruh tim.
Baca juga: 2 Pejabat Polres Karanganyar, Kasat Lantas dan Kabag Ren Diganti
“Saya secara langsung menerima penghargaan kategori Pelayanan Prima hasil Pemantauan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) Instansional Tahun 2023,”ujar Kapolres.
Kapolres menjelaskan, Polres Karanganyar, Polda Jawa Tengah menyadari pentingnya meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dikatakan Kapolres, upaya peningkatan pelayanan publik ini, harus dilakukan untuk memberikan pelayanan akan kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang cepat, transparan dan profesional.
Langkah pertama yang dilakukan, kata Kapolres, dengan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap proses pelayanan yang ada baik Pelayanan SIM (SATPAS) dan Pelayanan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian).
“Kami mengidentifikasi beberapa area yang memerlukan perbaikan, seperti waktu respon, aksesibilitas informasi, interaksi dengan masyarakat, antrian panjang, waktu tunggu yang lama, dan kurangnya informasi yang jelas. Dengan dukungan penuh dari pimpinan, kami membentuk tim khusus untuk merancang dan mengimplementasikan berbagai inovasi pelayanan,”jelas Kapolres.
Kapolres menuturkan, pihaknya memanfaatkan teknologi informasi untuk mempercepat proses administrasi dan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses layanan.
Aplikasi dan platform online dikembangkan untuk berbagai keperluan, mulai dari pengaduan, permohonan informasi, hingga pengurusan dokumen. Selain itu,Polres juga meningkatkan kapasitas sumber daya manusia melalui pelatihan berkelanjutan, fokus pada etika pelayanan dan kemampuan komunikasi.
“Salah satu inovasi utama yang kami terapkan adalah digitalisasi proses pelayanan. Kami mengembangkan sistem pendaftaran dan pengajuan SIM dan SKCK secara online, yang memungkinkan masyarakat untuk mengajukan permohonan dan mengunggah dokumen secara daring,”jelas Kapolres.
Dikatakan Kapolres, sistem ini tidak hanya mengurangi waktu tunggu dan antrian di kantor polisi, tetapi juga memberikan kemudahan akses bagi masyarakat yang berada di lokasi jauh.
“Salah satu layanan unggulan kami adalah Latar Jelita (Layanan Antar Jemput Disabilitas) SATPAS dan SKCK Deliveri pada Pelayanan SKCK,”terangnya.
Kapolres menegaskan, pemantauan dan evaluasi untuk memastikan setiap unit layanan beroperasi dengan efisien dan responsif, terhadap kebutuhan masyarakat secara langsung. Langkah ya g dilakukan, kata Kapolrss, dengan melakukan inspeksi mendadak kebagian unit layanan termasuk Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (SATPAS) dan SKCK.
Baca juga: Polres Karanganyar Salurkan Bantuan Tiga Truk Tangki Air
“Inspeksi ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran langsung mengenai kondisi lapangan, kami juga mengadakan berbagai program kemitraan dengan komunitas dan lembaga lainnya untuk menggalang umpan balik yang konstruktif,”kata Kapolres.
Kapolres menambahkan, keberhasilan yang diraih, tidak membuat Polres Karanganyar berhenti melakukan inovasi.
“Penghargaan ini menjadi motivasi untuk terus berinovasi dan menjaga standar tinggi dalam pelayanan publik. Kami percaya bahwa dengan komitmen dan kerjasama, kami dapat terus memberikan yang terbaik untuk masyarakat,”pungkasnya. (Iwan-02)