27.5 C
Semarang
, 24 October 2024
spot_img

Semarak Sambut Tahun Baru Islam, KKN UIN Walisongo Bersama Warga Batang Gelar Festival Pawai Obor

Mahasiswa KKN MIT UIN Walisongo Posko 76 gelar Festival Pawai Obor dan pesta doorprize menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1446 H.

Batang, JatengNews.id- Mahasiswa KKN MIT UIN Walisongo Posko 76 menggelar Festival Pawai Obordan pesta doorprize dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1446 H.

Kegiatan tersebut berlangsung di Desa Masin, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Sabtu malam (6/07/2024).

Ribuan obor ini, diarak mengelilingi Desa Masin, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, sebagai bentuk solidaritas dan memeriahkan tahun baru Hijiriyah.

Kepala Desa Masin, Sugiyanto menjelaskan dalam kegiatan pawai obor ini melibatkan sekitar 1.300 peserta pawai obor dari seluruh masyarakat di Desa Masin Kecamatan Warungasem dan mahasiswa KKN MIT Posko 78 UIN Walisongo.

Sebelum menuju titik konfigurasi di lapangan Desa Masin, mereka berjalan kaki sejauh empat kilometer.

Baca juga: Upaya Kurangi Angka Stunting, KKN UIN Walisongo Sukseskan Kelas Ibu Hamil di Desa Sumberagung

“Kegiatan pawai obor dengan berjalan kaki ini, sudah ada sejak dulu sebelum rame seperti ini, yang bertujuan untuk merekatkan solidaritas masyarakat dan juga melestarikan tradisi lokal kampung sini,” jelas Sugiyanto.

Selain membawa atribut obor, para warga di Desa Masin Kecamatan Wrungasem dari semua kalangan baik anak-anak, muda ataupun dewasa, melakukan jalan kaki sejauh 4 kilometer mengelilingi Desa Masin Kecamatan Warungasem sembari diiringi lantunan sholawat dan syair-syair Jawa Islami.

Ketua pelaksana kegiatan pawai, Zubaidi mengatakan ia sangat mengapresiasi kekompakan warga di Desa Masin ini.

“Saya sangat mengapresiasi kekompakan warga di Desa Masin ini, yang saling bekerjasama dan kreatif. Dan juga dukungan dari adik-adik mahasiswa KKN Posko 76 UIN Walisongo, ribuan obor dan iring-iringan pawai bisa berjalan dengan tertib dan lancar,” jelas Zubaidi.

Pelajar MA Tholabuddin Desa Masin Kecamatan Warungasem, Arifin Nuha mengaku senang adanya kegiatan ini.

“Pawai kali ini sangat meriah sekali, banyak pesertanya dan banyak pentas seperti paskibraka, marching band, dan pertunjukan dari sembur api dari kakak-kakak mahasiswa KKN UIN Walisongo,” kata Arifin Nuha.

Usai melakukan arak-arakan pawai, para warga kemudian berkumpul di lapangan Desa Masin Kecamatan Warungasem untuk mengikuti pengundian Doorprize dari panitia pelaksana dan mahasiswa KKN MIT Posko 76 Desa Masin Kecamatan Warungasem.

Baca juga: KKN UIN Walisongo Meriahkan Kirab Budaya Sambut 1 Muharram 1446 H Bersama Warga Desa Sambongsari

Demikian informasi mengenai Mahasiswa KKN MIT UIN Walisongo Posko 76 menggelar Festival Pawai Obordan pesta doorprize. (07)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN