30 C
Semarang
, 8 September 2024
spot_img

Teater Lingkar Gelar Pementasan Lakon “Sang Panggung”

Semarang, JatengNews.id – Teater Lingkar Kota Semarang menggelar pementasan dengan lakon “Sang Panggung” di akhir pekan ini di Kota Semarang.

Teater Lingkar Kota Semarang menggelar pentas dengan lokon Sang Panggung dengan naskah bertajuk “Nyi Panggung” di Taman Indonesia Kaya, Sabtu (29/6/2024).

Sang Panggung yang dipentaskan Teater Lingkar Kota Semarang diketahui karya dari Eko Tunas diadaptasi sekaligus sutradara Sindhunata Gesit Widharto, S.Sn

Lakon Sang Panggung ini pernah dipentaskan 4 tahun lalu sekaligus merupakan karya yang diajukan sebagai Tugas Akhir Program S2 Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta jadi tesisnya dengan tajuk: Pakeliran Sampakan “Sang Panggung“.       

Baca juga: 44 Tahun Teater Lingkar Semarang Dirayakan Sederhana dan Guyub       

Lakon Sang Panggung yang ditaja Teater Lingkar ini mengusung kisah kesenian tradisi “Ketoprak Tobong” merupakan gambaran kekinian seni tradisi yang terasing di kampungnya sendiri.

Era globalisasi dengan dukungan teknologi yang canggih tak bisa dibendung tanpa henti terus membobardir hingga pelosok-pelosok kampung dan ruang privat. Apalagi dengan hadirnya gadget yang semakin canggih menyita berbagai aktivitas kehidupan manusia. Seni tradisi seperti Ketoprak Tobong Eko Mardhika, hidupnya penaka kerakap di atas batu.

Ini merupakan sebuah ujaran yang pas untuk menggambarkan kehidupan ke(seni)an tradisi warisan leluhur saat ini. Hidup segan mati tak mau. Kesenian tradisi makin terjerembab ke jalan sunyi menuju kematian.

Pementasan lakon Sang Panggung ini didukung para pelaku dari anggota Teater Lingkar (Semarang) antara lain; Denmas Eko/Dalang (Sindhu), Nyi Gadhung Mlathi (Niken), Darbol (Kris Ganza), Bandhot/Bandhung Bandhawasa (Roso Power) Laras/Lara Jonggrang (Ning), Paimin (Tatang), Jabrud (Pay) Tukang Pijat (Budibobo), Bodrex/Prabu Baka (Prieh Raharjo), Jujuk (Dwiq), dan para penari.

Baca juga: Kendal Lakon Award 2024 Berhadiah Kambing Etawa Digelar, Yuk Cek Pendaftarannya!

“Konsep Pakeliran Sampak’an Sang Panggung ini merupakan pementasan bentuk perpaduan antara pakeliran wayang kulit, tari, teater tradisi (ketoprak) dalam satu panggung besar yang terbagi dalam beberapa panggung kecil,” kata Sang sutradara Sindhunata melalui keterangan tertulis yang diterima JatengNews.id, Jumat 5 Juli 2024.

Sindhu yang juga dikenal sebagai dalang ini atas seijin penulisnya yang hanya mengambil ruh, tema dan semangat lakon yang ditulis Eko Tunas.

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN