31 C
Semarang
, 18 October 2024
spot_img

Tiga Nama Survei Tertinggi di Pilwalkot Semarang 2024, Incumbent Masih Terkuat

Semarang, Jatengnews.id – Tiga nama tertinggi survei elektabilitas bakal calon Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Semarang 2024 mendatang, incumbent yakni Wali Kota Semarang Hevearita G Rahayu masih tertinggi.

Dalam data survei elektabilitas Pilwalkot Semarang 2024 versi Indoriset Strategis, perempuan yang akrab dipanggil Mbak Ita tersebut surveinya berada diangka 35,5 persen.

Baca juga: VIDEO Paryono Ingatkan KPU Soal Pencocokan Data Jelang Pilkada

Urutan selanjutnya yakni anggota DPR RI, Yoyok Sukawi sebesar 25,8 persen dan disusul oleh Sekretaris Damkar Kota Semarang, Ade  Bhakti sebesar 10,3 persen.

“Yang menguat memang di Mbak Ita, Yoyok Sukawi dan Ade Bhakti. Tiga nama yang kemudian muncul berulang baik secara popularitas maupum elektabilitas,” jelas peneliti Indoriset Strategis, Galih Pramilu Bakti dalam FDG yang digelar Forum Media Online Semarang (Fomos), Jumat (28/6/2024).

Sisanya beberapa nama lain seperti Sumarmo HS 3,3 persen, Sekretaris Daerah Kota Semarang, Iswar Aminuddin 0,9 persen dan lainnya.

“Pak Iswar masih dibawah tiga itu, bahkan masih dibawah Pak Sumarmo,” katanya.

“Perlu dicatat juga dari survei ini, 23,7 persen responden yang belum menentukam pilihannya atau tidak menjawab,” imbuhnya.

Mereka yang masih enggan menentukan pilihan ini, rata-rata karena masih menunggu visi-misi dari para calon tersebut.

Baca juga: Pilkada Karanganyar, PDI Perjuangan Ajak Golkar Berkoalisi dengan Syarat

“Selain itu juga menunggu kepastian calon dari KPU dan menunggu masa kampanye,” tambahnya.

Sementara itu, untuk survei elektabilitas wakil dalam Pilwalkot Semarang 2024, sementara ini terkuat masih nama Ade Bhakti.

“Terkuat masih Ade bhakti yang lain masih datar surveinya,” tandasnya. (Kamal-02)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN