33 C
Semarang
, 20 September 2024
spot_img

Petani Demak Lakukan Pembasmian Hama dengan Gerdal

Demak, Jatengnews.id – Merebaknya serangan hama penggerek batang padi yang menyerang tanaman padi di Desa Poncoharjo Kecamatan Bonang Kabupaten Demakk, Kelompok Tani “Rajin Kerja” Desa Poncoharjo, Kec. Bonang bersama Korluh, PPL Wilbin, Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) dan tim PPL Kec. Bonang mengadakan Gerakan Pengendalian (Gerdal) penggerek batang padi yang dilaksanakan di Area Persawahan seluas 45 Ha belum lama ini.

Kegiatan budidaya padi yang intensif berdampak pada serangan hama dan penyakit, terutama penggerek batang yang dapat menyebabkan penurunan produksi padi .

Baca juga : Pemkab Demak Tambah Fasilitas Olahraga Skateboard di Stadion Sultan Fatah

Adanya serangan penggerek batang dapat dipicu oleh tanam tidak serempak, penggunaan varietas yang sama secara terus-menerus serta penggunaan pestisida yang melebihi dosis aturan pakai.

Tujuan pelaksanaan kegiatan Gerdal penggerek batang pada tanaman padi di KT “Rajin Kerja” Desa Poncoharjo, Kec. Bonang adalah mencegah penyebarluasan hama penggerek batang yang menyerang tanaman padi agar tetap memperoleh hasil optimal yaitu dengan cara aplikasi secara serentak dan melibatkan banyak orang (petani).

Selain itu, kegiatan Gerdal OPT penggerek batang ini dapat meningkatkan pengetahuan petani mengenai penggunaan pestisida berdasarkan prinsip 5 T yaitu tepat sasaran, tepat jenis, tepat waktu, tepat dosis, dan tepat cara aplikasi.

Baca juga : Tangani Permasalahan Rob Pemkab Demak Optimalkan Rumah Apung

Para petani juga diharapkan dapat melakukan pengamatan secara rutin pasca gerdal, pengendalian lanjutan secara swadaya dan melakukan sanitasi. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN